Jabar Genjot Program Listrik Desa

jabarekspres.com, BANDUNG – Program Listrik masuk desa yang di gagas Pemprov Jabar sepertinya telah berhasil mencapai target sasaran. Sebab, sebanyak 26.142 rumah tangga di Jawa Barat rencananya akan segera teraliri listrik dalam hitungan bulan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat Eddy I M Nasution yang juga sebagai Plt. Kepala Dinas ESDM mengatakan, program penyambungan listrik ini, bagi masyarakat kurang mampu.

Menurutnya, Pemprov Jabar melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (Dinas ESDM) telah melaksanakan penandatanganan kontrak dengan perusahaan penyedia usaha jasa penunjang tenaga listrik (kualifikasi pembangunan pemasangan), disaksikan GM PLN Distribusi Jawa Barat Iwan Purwana di Aula Kalimaya Kantor Dinas ESDM Jabar belum lama ini.

Dirinya menjelaskan, ada 11 perusahaan pemenang tender yang menandatangani kontrak, dengan 25 kota/Kabupaten sasaran kerja. Bahkan untuk pengerjaan fisik ditargetkan Akhir Agustus sudah mulai.

“Ini adalah kabar yang menggembirakan, Karena listrik masuk desa atau daerah-daerah terpencil itu membuat berbagai peluang,”jelas Eddy.

Eddy menilai, dengan program ini diharapkan akan mendukung aktivitas masyarakat. Sehingga, akan ada peningkatan pendidikan.

“Anak-anak siswa sekolah di Jabar bisa belajar pada malam harinya dengan listrik dan penerangan yang baik,” katanya.

Selain itu, masyarakat desa juga akan diuntungkan dengan peningkatan geliat ekonomi. Terlebih, Listrik dapat menstimulasi bisnis-bisnis rumahan yang didirikan diunit-unit keluarga

Eddy menjamin, dalam jangka waktu tiga bulan, program penyambungan listrik 26.142 Rrumah tangga menjadi sasaran yang harus terealisasi.

Kendati begitu, dia mengakui, yang menjadi kendala adalah semakin susah mencari lokasi yang akan disambungi listrik, karena posisi tempat tinggal sasaran yang semakin terpencil.

“Alhamdulillah kali ini ada jaringannya dan masyarakat kurang mampu menjadi target telah terdaftar Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNPK),”kata Eddy

Sementara itu, General Manejer PLN Distribusi Jawa Barat Iwan Purwana mengapresiasi langkah Pemprov Jabar khususnya dalam pemberian bantuan penyambuangan listrik bagi masyarakat miskin dan tidak mampu sebagai upaya akselerasi peningkatan rasio elektrifikasi di Jawa Barat.

“Khusus untuk kesuksesan ini, kami juga akan melakukan percepatan-percepatan khususnya pada daerah yang jaringannya belum ada,” katanya.

Tinggalkan Balasan