Inilah 32 Negara Peserta Piala Dunia 2018

jabarekspres.com – Perjalanan panjang dan melelahkan negara-negara di seluruh dunia demi meraih tiket Piala Dunia 2018 di Rusia resmi berakhir. Kuota 32 negara peserta sudah komplet dan Peru menjadi negara terakhir yang lolos ke Rusia lantaran baru memastikannya pada Kamis (16/11) pagi WIB.

Drama panjang tentu saja berakhir dengan kegembiraan bagi negara-negara yang berhasil lolos ke Rusia. Tapi, menjadi kesedihan bagi yang gagal melaju.

Sorotan jelas ditujukan kepada Italia. Sebagai pemegang gelar juara Piala Dunia sebanyak 4 kali, mereka harus menerima kenyataan pahit absen di Piala Dunia 2018. Ini mengulang sejarah pahit saat tak tampil di Piala Dunia 1958 silam. Italia pun menjadi satu-satunya negara yang pernah juara dan absen di Rusia.

Gli Azzurri – yang akhirnya memecat Giampiero Ventura – gagal bersaing di fase grup dengan Spanyol yang lolos langsung. Kemudian, di babak play-off, Italia disingkirkan oleh Swedia. Ironisnya, kegagalan itu terjadi saat Italia menjamu Swedia pada leg kedua play-off yang berakhir 0-0. Pada leg pertama di kandang Swedia, Italia kalah 0-1.

Tak hanya Italia, Belanda juga bersedih karena hanya menjadi penonton di Piala Dunia 2018. Lebih miris lagi, kegagalan Belanda terjadi di fase grup. Mereka bahkan tak mampu merebut tiket play-off.

Langganan Piala Dunia, Amerika Serikat juga hanya akan jadi penonton. Mereka kalah bersaing di Zona CONCACAF dan menjadi salah satu kejutan. Maklum saja, posisi AS sebagai wakil CONCACAF justru digantikan negara yang sebelumnya tak pernah tampil di Piala Dunia yakni Panama.

Selain kegagalan beberapa negara kuat di sepak bola, Piala Dunia 2018 juga diramaikan dengan kehadiran dua debutan. Mereka adalah Panama dan Islandia. Untuk pertama kali mereka tampil di pentas Piala Dunia.

Tak ketinggalan pula menanti kiprah negara-negara yang menantikan cukup lama untuk kembali tampil di Piala Dunia. Sebut saja Peru dan Mesir.

Kini, 32 negara tersebut menantikan undian fase grup yang akan digelar pada 1 Desember mendatang di Moskva. Akan dibagi dalam 8 grup dan masing-masing berisi 4 negara. Patut dinanti hasil drawing fase grup nanti.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan