Ini Alasan KPU Membuat Brosur Braille

BANDUNG – Komisioner KPU Jabar Ferdhiman Bariguna berharap agar pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, harus menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas hidup dan kebaikan bagi penyandang disabilitas netra.

”Untuk meraih kualitas hidup dan kebaikan itu, menurut Ferdhiman, dilakukan dengan memenuhi hak informasi. Salah satunya membuat brosur berhuruf Braille, agar penyandang disabilitas memiliki banyak informasi saat menentukan pilihan,” kata Ferdhiman saat menyampaikan materi pada acara sosialisasi pilgub untuk keluarga besar ITMI (Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia) Jawa Barat di Hotel Grand Pacific Jalan Pasirkaliki Bandung, Rabu (27/12/2017).

Dia mengingatkan, pada 20 Januari hingga 18 Pebruari 2018, akan dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih. Maksudnya antara lain untuk mendapatkan data penyandang disabilitas yang akurat. “Dengan demikian KPU dapat melakukan pengadaan untuk penyandang disabilitas sesuai kebutuhan karena pengadaan yang berlebih bisa mubadir. Begitu pula sebaliknya, pengadaan yang kurang, berakibat penyandang disabilitas tidak terlayani dengan baik,” sebutnya. ***

Tinggalkan Balasan