Ingin Tiru Kota Bandung, Bupati Lebak Berguru ke Ridwan Kamil

bandungekspres.co.id, SUMUR BANDUNG – Keberhasilan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dalam menata kota menjadi acuan bagi pemerintah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, secara langsung meminta bimbingan kepada Emil –sapaan Ridwan Kamil. ”Saya minta bimbingan, berbagi pengalaman terkait pembangunan di Kota Bandung akan kita adopsi. Saat ini bukan saatnya berkompetisi, tapi berkolaborasi sehingga potensi ada di Kabupaten Lebak bisa tergali,” ujar Iti kepada wartawan di Pendopo Kota Bandung kemarin (3/3).

Menurut dia, ada berbagai bidang akan dikerjasamakan di antaranya sektor pariwisata, ekonomi kerakyatan, hingga reformasi birokrasi. ”Ekonomi kerakyatan terkait permodalan, kredit melati cara marketingnya, little Bandung, masalah birokrasi reformasi birokrasi yang tentunya secara nasional Bandung mendapat predikat A, kami baru mendapatkan predikat B. Jadi kami ingin belajar dari situ hingga kami bisa memperbaiki kinerja aparatur pemerintah daerah,” katanya.

Selain itu, ia pun tertarik untuk menerapkan sistem teknologi informatika dalam pembangunan wilayah, kendati sejumlah daerah di Kabupaten Lebak belum teraliri listrik.

Insya Allah kami pelan-pelan lah walaupun secara fasilitas Kabupaten Lebak belum memadai yah, salah satunya ketersedian elektrifikasi kita belum semuanya, kemudian provider belum masuk semua. Tapi kita pelan-pelan mulai masuk ke perkotaan dulu mulai dari Bandung. Jadi kami ingin belajar dari situ hingga kami bisa memperbaiki kinerja aparatur pemerintah daerah,” jelasnya.

Wali Kota Bandung yang akrab disapa Kang Emil mengaku senang apabila gagasannya bisa memberikan manfaat bagi orang banyak, tidak hanya di Kota Bandung, tetapi juga kota-kota lainnya di Indonesia. Sebab bagi dia, kata ’kompetisi’ harus dihilangkan dari kamus membangun sebuah kota.

”Bagi saya, hilangkan kompetisi. Perbanyak kolaborasi, karena kita NKRI,” kata Emil.

Sebagai langkah kongkret kerjasama Kota Bandung dan Kabupaten Lebak, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan mengirimkan delegasi pengusaha di bidang pariwisata. Tujuannya adalah, untuk bisa melihat potensi dan membantu meningkatkan nilai jual pariwisata di daerah tersebut.

Selain hal itu, Kota Bandung ditambahkan Emil, berencana untuk menghibahkan perangkat-perangkat lunak penunjang smart city yang telah dimiliki sesuai dengan kebutuhan Kabupaten Lebak. Sehingga, Kabupaten Lebak bisa menghemat anggaran untuk sebuah persoalan serupa. (bbs/fik)

Tinggalkan Balasan