Ingatkan Kinerja Pejabat Dinilai Pimpinan

30

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat Maman S. Sunjaya menegaskan, jabatan merupakan sebuah kepercayaan dan amanah yang diberikan langsung oleh pimpinan atas dasar kepercayaan. Namun, lebih jauh lagi, jabatan merupakan buah dari usaha dan kerja keras dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang telah dilakukan selama ini.

Menurutnya, seorang pegawai tidak akan diberikan tanggung jawab melalui sebuah jabatan jika kinerjanya dinilai buruk. Maka, tidak mungkin pimpinan membebankan sebuah tanggung jawab berupa jabatan pada dirinya.

”Yang penting tunjukan kinerja dan tanggung jawab sebagai seorang pegawai, karena pimpinan akan memberikan penilaian terhadap pekerjaan kita. Dan jika pimpinan sudah percaya maka pimpinan pasti akan menempatkan kita pada suatu posisi yang sesuai dengan kapasitas kita sebagai buah dari kerja keras dan pengabdian yang telah kita lakukan selama ini,” terang Maman ketika menghadiri serah terima jabatan lingkungan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Dinas Koperasi UMK Kabupaten Bandung Barat kemarin (11/1).

Menurut Maman, perlu diyakini bahwa jabatan bukanlah sebuah kebetulan tetapi sebuah hasil dari proses serta kehendak Tuhan Yang Maha Esa. ”Faktor kedekatan dengan pimpinan tidak bisa dijadikan ukuran untuk memperoleh sebuah jabatan. Tapi yang jelas kinerja merupakan faktor utama,” jelasnya.
Dalam sebuah jabatan sekecil apapun, Maman menyebutkan pasti dibebankan target yang harus mampu diwujudkan menjadi sesuatu yang konkret dan terukur, sehingga eksistensi kita dalam menempati jabatan tersebut dan layak dalam memegang amanah dan jabatan tersebut.

”Kami harapkan para pejabat dapat menjalankan tugas sebaik mungkin, terutama dalam melakukan pengelolaan keuangan serta saat melayani masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Bandung Barat Pither Tjuandys mengungkapkan, dengan adanya rotasi pada pembentukan struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) baru, bisa jauh lebih baik dalam mengerjakan segala program dan proyek infrastruktur yang sudah direncanakan.

”Mudah-mudahan Bupati juga dalam menempatkan jabatan seseorang itu, bukan karena kedekatan, tapi karena memiliki kemampuan dan prestasi,” ujarnya. (drx/fik)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.