IDI Gelar Pengobatan Gratis

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Masyarakat di Kampung Cijamil RT 03/07 Desa Cilame Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat (KBB) patut bersyukur sebab Ikatan Dokter Indonesia (IDI) telah memberikan karya baktinya untuk masyarakat dengan menggelar pengobatan gratis.

Ketua IDI Cabang Kabupaten Bandung Barat Henny Soetanto menyatakan mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai wujud syukur untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya yang kurang mampu.

“Saya sangat bersyukur, tadi ratusan masyarakat yang akan berobat terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan mengambil nomor antrean untun menunggu panggilan dari petugas,”jelas  Henny ketika ditemui di lokasi pengobatan kemarin (26/3)

Menurutnya,  kegiatan ini merupakan salah satu program pengabdian yang sifatnya sosial ditujukan langsung kepada masyarakat. Dengan begitu, target pelaksanaan bhakti sosial kali ini diperkiraakan 300 orang telah terlayani.

“Kami datang langsung kesini untuk melayani masyarakat,” jelas dia

Di samping kegiatan bhakti sosial pengobatan massal, kata dia, juga ada kegiatan pemberian telur khusus kepada ibu-ibu hamil yang merupakan program satu juta telur dengan tujuan pemberian tambahan gizi agar ibu dan anak sehat sesuai dengan yang diharapkan.

Pada bhakti sosial ini, melibatkan Dokter yang tergabung dalam IDI dan dibantu oleh sejumlah mahasiswa.

Kegiatan ini, lanjut dia dinilai sangat efektif untuk membantu masyarakat  terlebih lagi karena ada Sekretariat IDI di tengah-tengah pemukiman warga.

“Untuk obat-obatan kami mendapat bantuan dari kelompok bhakti sosial pengusaha (KBST) dan tenaga perawat dari Stikes Dharma Husada,” terangnya.

Di tempat yang sama, Herman,40, warga Desa Cilame merasa bersyukur dengan adanya bhakti sosial pengobatan gratis ini. Karena bisa membantu masyarakat apalagi di kampung ini ada Kantor IDI. “Jadi kami bisa berobat tidak mesti jauh-jauh. Kami juga ke depannya bisa secara rutis melakukan pemeriksaan kesehatan,” terangnya.

Ia juga berharap, ke depan penyelenggaraan pengobatan gratis semacam ini dapat digelar setiap waktunya. Selain memberikan kemudahan bagi masyarakat, penyelenggaraan tes kesehatan serta pengobatan ini dapat memberikan dampak positif.

“Seperti warga yang terkena penyakit akan cepat diketahui dan bisa sembuh,” tandasnya. (drx/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan