Humas Membentuk Jati Diri

jabarekspres.com, BANDUNG – Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di bawah kepemimpinan Wali Kota Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Oded M. Danial kembali mendapat apresiasi. Kali ini, penghargaan disumbangkan dari Humas Pemkot Bandung dengan diraihnya penghargaan sebagai pemenang utama PR Indonesia Award (PRIA) 2017 Kategori Media Relations Regional Jawa Subkategori Pemerintah Kota.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Yossi Irianto menerima langsung penghargaan tersebut yang diserahkan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayor Jenderal TNI Wuryanto didampingi CEO PR Indonesia, Asmono Wikan saat acara di Ballroom Hotel Harris Sunset Road Kuta, Bali, kemarin (24/3)

”Saya terkesan apa yang tadi dalam acara disampaikan, selama ini public relations selalu ditempatkan di belakang. Namun di Kota Bandung, peran humas kita dorong selalu di depan, apalagi dengan semangat open government,” ujar Yossi usai menerima penghargaan, kemarin.

Yossi mengungkapkan, dengan mendorong humas untuk bisa tampil ke depan, maka dengan kata lain, humas dipaksa untuk bisa meraih kepercayaan publik.

”Saya dari sisi pemerintahan humas ini mendorong open government yang tidak hanya menyampaikan pesan namun jadi pelaku utama seperti PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, Red),” terang Yossi.

Yossi mengatakan, humas di Pemerintah Kota Bandung ditempatkan tersendiri melalui SOTK baru sejak Januari 2017 terpisah dari Diskominfo. Hal tersebut agar lebih Diskominfo lebih fokus dengan smart city. Sedang Bagian humas lebih condong menyeruak ke depan membentuk jati diri yang baik.

Terkait penghargaan tersebut, kata dia, didapatkan oleh Pemerintah Kota Bandung setelah melalui tahapan dan pengamatan yang panjang sejak 2016. Itu melibatkan tim dewan juri yang terdiri dari unsur unsur pakar PR, praktisi PR, konsultan dan agensi, tokoh asosiasi organisasi, fotografer, jurnalis senior, praktisi desain dan branding. Mereka menilai dengan lima kategori kompetisi yakni kategori media relations awards, kategori media internal, kategori program PR, departemen PR, dan kategori platinum awards.

Khusus kategori media relations yang diterima sebagai Pemenang Utama oleh Pemerintah Kota Bandung, tim dewan juri tersebut bekerjasama dengan PT ISENTIA untuk memonitoring pemberian pemerintah daerah di 20 media cetak mainstream dan nasioanal selama tahun 2016.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan