HKN, BPJS Kesehatan Gelar Deklarasi UHC di Cirebon

jabarekspres.com  – BPJS Kesehatan bersama Pemerintah Daerah Kota Cirebon menggelar kegiatan Deklarasi Bersama Penetapan Universal Health Coverage (UHC). Hal ini, bertepatan dengan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53, yang dilaksanakan di Balai Kesehatan Paru Masyarakat Cirebon, Jawa Barat, Selasa (14/11).

Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis mengatakan, dengan tercapainya UHC di Kota Cirebon, dapat menjadikan masyarakat sebagai pilar dalam mensukseskan Program JKN-KIS. Hal ini, upaya mewujudkan masyarakat indonesia yang berperilaku sehat dan hidup dalam lingkungan yang sehat pula.

”Tentunya, dengan pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkeadilan untuk mencapai derajat kesehatan yang baik. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk peran kami sebagai Pemerintah Daerah dalam mewujudkan UHC atau cakupan semesta,’’ katanya.

Jumlah kepesertaan program JKN-KIS di Kota Cirebon per 1 November 2017 ini, telah mencapai 320.362 jiwa atau sebesar 99 persen dari jumlah penduduk sebesar 324.794 jiwa. Dengan tercapainya UHC ini, sebagai sebagai wujud nyata Pemerintah Daerah Kota Cirebon dalam menyukseskan program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. ”Hal ini sebagai wujud komitmen kita bersama untuk menyukseskannya dan sekaligus sebagai bentuk ketaatan kita terhadap Undang-Undang yang telah ditetapkan,” ujar Nasrudin.

Sementara itu, Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari mengungkapkan, telah lebih dari tiga tahun ini, pertumbuhan peserta Program JKN-KIS cukup pesat. Jumlah kepesertaan telah mencapai lebih dari 184,8 juta jiwa. Hal ini sudah mencapai 70,3 persen dari seluruh penduduk Indonesia, yang berasal dari berbagai segmen termasuk penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah. ”Hal ini, melalui integrasi Jamkesda, hingga kini dari 514 Kabupaten/Kota se-Indonesia, tercatat 476 nya dari 34 Provinsi telah mengintegrasikan ke Program JKN-KIS. Hingga kini telah mencapai 70,3 persen dan dapat mempercepat UHC secara nasional pada 1 Januari 2019, mendatang,” ungkapnya.

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jawa Barat, Mohammad Edison didampingi Kepala Cabang Cirebon, Dasrial menjelaskan, pihaknya sangat mengapresiasi upaya Pemda Kota Cirebon yang telah konsisten yang akhirnya per 1 November 2017 mencapai UHC 99 persen. “Pemda Kota Cirebon ini, merupakan kota pertama di Jawa Barat dan telah UHC. Semoga dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi Pemerintah Daerah lainnya,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan