Higuain Penentu Kemenangan, Buffon Jadi Pahlawan

jabarekspres.com – Tak ada pertahanan setangguh Juventus di ajang Liga Champions 2016-2017. Hal itu dibuktikan dengan keberhasilan gawang Gianluigi Buffon menjaga keperawanan gawang I Bianconeri saat menang 2-0 di kandang AS Monaco pada leg pertaa semifinal, Kamis (4/5).

Memang, Gonzalo Higuain yang mencetak dua gol kemenangan di laga ini. Tapi, sukses Buffon menjaga gawangnya tetap perawan dalam lima laga beruntun fase knock-out atau total 6 pertandingan beruntun sejak fase grup, membuatnya laik disebut pahlawan sebenarnya. Bagaimana tidak, baru kali kali ini gawang mereka tetap perawan hingga 621 menit di Liga Champions.

 Lini pertahanan Juventus masih tangguh hingga leg pertama semifinal Liga Champions.
Lini pertahanan Juventus masih tangguh hingga leg pertama semifinal Liga Champions.

Tak kalah elok, I Bianconeri sukses memaksa gawang Monaco jebol untuk pertama kali di pada laga di Stade Louis II sejak 26 November 2015. Mengakhiri rentetan clean-sheet Monaco pada 41 laga kandang beruntun di semua ajang.

Padahal, Monaco dikeal sebagai tim yang tampil sangat impresif pada musim ini. Bahkan, Juventus sudah mendapat perlawanan sengit dari tuan rumah pada menit-menit awal pertandingan. Kylian Mbappe dua kali mengancam gawang I Bianconeri pada menit ke-13 dan 16. Namun, sepasang peluang yang didapat Mbappe mampu digagalkan Buffon.

Juventus memimpin lebih dahulu pada menit ke-29. Umpan mendatar Dani Alves dari dalam kotak penalti berhasil dikonversikan Gonzalo Higuain menjadi gol dengan tendangan kaki kanan. Sampai turun minum, skor 1-0 untuk keunggulan Juventus tetap bertahan.

Selepas jeda, Monaco coba mengambil inisatif serangan sejak awal babak kedua. Falcao berpeluang membawa Monaco menyamakan kedudukan pada menit ke-47. Akan tetapi, bola hasil sepakan kaki kanan Falcao lagi-lagi terbentur keperkasaan Buffon.

Empat menit berselang, peluang bagus juga diperoleh Bernardo Silva. Buffon kembali menjadi momok bagi barisan depan Monaco dan menjadi tembok kukuh di bawah mistar gawang Juventus. Dia kembali sukses menggagalkan upaya Silva mencetak gol.

Higuain justru sukses menggandakan keunggulan I Bianconeri pada menit ke-59. Bola hasil sontekan kaki kiri Higuain yang memanfaatkan umpan lambung Dani Alves, melesak mulus masuk ke dalam gawang Danijel Subasic. Gol yang membuat tuan rumah semakin agresif menekan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan