Hat-trick Aubameyang Antarkan Dortmund ke Perempat Final

bandungekspres.co.id – Borussia Dortmund membuktikan sesumbarnya bahwa mereka memang lebih difavoritkan ketimbang Benfica. Tim asuhan Thomas Tuchel itu berhasil lolos ke perempat final Liga Champions 2016-2017 usai menang 4-0 atas Benfica pada leg kedua babak 16-besar, Kamis (9/3) dini hari WIB.

Dengan kemenangan itu, Die Borussen – julukan Dortmund, mengantongi keunggulan agregat 4-1 dan langkah mereka ke perempat final tak terbendung. Pada laga leg pertama di kandang Benfica, Dortmund kalah 0-1.

Bintang dari kemenangan Dortmund di Signal Iduna Park adalah penyerang asal Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang. Dia mencetak hat-trick pada menit 4, 61, dan 85. Berturut-turut gol yang dicetaknya merupakan umpan dari Christian Pulisic, Marcel Schmelzer, dan Erik Durm. Satu gol lain disumbangkan oleh Pulisic pada menit 59 usai menerima assist dari Lukasz Piszczek.

Secara keseluruhan, Dortmund memang layak meraih kemenangan dengan skor besar. Mereka dominan dalam serangan dengan melepaskan 13 tembakan (6 tepat sasaran). Sedangkan Benfica hanya 3 tembakan (2 tepat sasaran). Dalam hal penguasaan bola, Dortmund juga dominan dengan 54% berbanding 46%.

Sadar butuh gol untuk mengejar defisit, Dortmund langsung panas sejak awal laga. Aubameyang langsung membuat Dortmund memimpin pada menit 4 usai sundulannya mengoyak jala gawang Benfica yang dikawal Ederson.

Setelah gol itu, Dortmund terus menekan pertahanan Benfica. Namun, hingga jeda, tak ada gol tambahan dan skor 1-0 tetap bertahan.

Gol di babak pertama itu menjadikan aroma perempat final sudah tercium. Maklum saja, dalam sejarahnya, dari 28 laga di Eropa saat Dortmund mencetak gol pada babak pertama, mereka mampu menang 26 kali dan hanya sekali kalah.

Memasuki babak kedua, serangan Dortmund terus bergelombang. Gol kedua pun lahir pada menit 59 lewat Pulisic. Tiga menit berselang, Aubameyang mencetak gol keduanya dan membawa Dortmund unggul 3-0. Tak cukup mencetak 3 gol, Dortmund kembali menambah keunggulan pada menit 85 lewat Aubameyang menit 85. Dortmund pun unggul 4-0.

Hingga laga berakhir, skor 4-0 bertahan dan Dortmund melangkah ke perempat final dengan agregat 4-1. Aubameyang juga mencatatkan rekor tersendiri. Dia menjadi pemain kelima dari Benua Afrika yang bisa mencetak hat-trick di ajang Liga Champions setelah Didier Drogba (Pantai Gading), Samuel Eto’o (Kamerun), Yacine Brahimi (Aljazair) dan Yakubu Aiyegbeni (Nigeria).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan