Hasil Liga Europa: Lyon Butuh Adu Penalti, Ajax Comeback Luar Biasa

jabarekspres.com – Di antara empat tim yang lolos ke babak semifinal Liga Europa 2016-2017, langkah Olympique Lyon terbilang paling berat. Klub asal Prancis itu butuh perjuangan hingga babak adu penalti untuk memastikan satu tempat di empat besar.

Lyon yang mengantongi modal kemenangan 2-1 pada leg pertama perempat final di kandang sendiri, dipaksa bekerja keras meladeni Besiktas dalam perjumpaan kedua di Vodafone Arena, Jumat (21/4). Meski mendominasi penguasaan bola, tapi Lyon tak lebih agresif ketimbang tuan rumah.

Bahkan, Besiktas unggul lebih dahulu pada menit ke-27 melalui gol Anderson Talisca yang memaksimalkan assist Oguzhan Ozyakup. Sebelum jeda, tepatnya menit ke-34, Lyon mampu membalas melalui gol Alexandre Lacazette. Skor 1-1 sekaligus menjadi penghias akhir babak pertama.

Selepas jeda, Besiktas mampu menambah gol pada menit ke-58. Talisca kembali menjadi penjebol gawang Lyon yang dikawal kiper Anthony Lopes. Kali ini Talisa sukses mengkonversi umpan Adriano. Ternyata, gol itu menjadi satu-satunya yang hadir pada paruh kedua.

Alhasil, skor agregat 3-3 memaksa perjuangan kedua tim berlanjut di babak perpanjangan waktu. Setelah tak ada gol tambahan lahir pada 2×15 babak perpanjangan waktu, adu penalti terpaksa digelar.

Dalam duel tos-tosan ini, Lyon bernasib lebih beruntung. Setelah masing-masing enam eksekutor kedua tim sukses menjalankan tugas dengan baik, giliran algojo ketujuh yang kompak gagal.

Pada kesempatan kedelapan, kegagalan Matej Mitrovic menjadi petaka Besiktas karena setelahnya, Maxime Gonalons mampu menjadi penentu kemenangan Lyon 7-6 dalam adu penalti. Lyon akhirnya berhak lolos ke semifinal.

Selain Lyon, perjuangan berat sejatinya juga harus ditempuh Manchester United dan Ajax. Manchester United butuh gol Marcus Rashford pada babak perpanjangan waktu untuk menang 2-1 di Stadion Old Trafford dan lolos berkat agregat 3-2.

AJAX COMEBACK DRAMATIS

Aksi lebih heroik dilakoni para penggawa Ajax. Bermodal kemenangan 2-0 atas Schalke 04 pada leg pertama di Amsterdam ArenA, Ajax justru tertinggal 0-2 pada awal babak kedua di Veltins Arena, Jumat (21/4).

Dua gol Schalke dicetak Leon Goretzka dan Guido Burgstaller pada menit ke-53 dan 56. Nasib nahas Ajax bahkan bertambah pada menit ke-80 saat Joel Veltman diganjar kartu kuning kedua. Beruntung Ajax yang tampil dengan 10 orang tak kebobolan lagi pada sisa waktu normal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan