Hari Ini, Flyover Antapani Diresmikan

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Flyover Antapani akan diresmikan Wakil Presiden Republik Indonesia M Jusuf Kalla, hari ini (24/01). Beragam persiapan sudah digelar termasuk mengalihkan sejumlah arus kendaraan.

Kanit Dikyasa Polrestabes Bandung, AKP Dewi Hotijah, mengatakan, gladi yang dilakukan kemarin pagi dilakukan untuk memprediksi arus kendaraan saat pelaksanaan. Sebab, sejumlah ruas jalan dipastikan terjadi peningkatan kendaraan. Termasuk di Antapani, Kota Bandung.

”Kondisi di sini sangat padat. Apalagi pagi hari karena banyak orang yang berangkat kerja dan sekolah,” ungkap Dewi, kemarin (23/1).

Agar tidak terjadi kemacetan panjang, dia berharap, pengguna jalan berangkat lebih pagi. Di samping itu, mencari jalan alternatif saat akan menuju tempat yang akan dituju. ”Kalau semua masyarakat tidak terpusat kesini pasti jalan akan lebih lenggang dan lancar,” jelas Dewi.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kami memaparkan, melayangkan permohonan maaf apabila terjadi hambatan arus kendaraan saat peresmian flyover Antapani. Menurutnya, untuk menyukseskan acara, dilakukan skema penutupan jalan.

Antara lain, Jalan Jakarta ditutup total mulai persimpangan, Jalan Ibrahim Adjie hingga simpang tiga dengan Jalan Sukabumi. ”Penutupan dilakukan karena di lokasi itu akan menjadi area prosesi peresmian jembatan layang Antapani,” tegasnya.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengungkapkan, beberapa jalan yang juga akan direkayasa. Antara lain, Jalan Ahmad Yani mulai persimpangan dengan Jalan Supratman hingga simpang tiga dengan Jalan Ibrahim Adjie. Di lokasi ini, akan diberlakukan dua arah untuk mengalirkan arus lalu lintas dari Jalan Ibrahim Adjie dan Antapani yang tidak bisa masuk Jalan Jakarta.

”Saat pelaksanaan besok (hari ini, Red), penutupan dan rekayasa arus lalu lintas dimulai pukul 06.00 hingga 12.00,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan, petugas gabungan baik dari Polri, TNI, Dishub Kota Bandung serta Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) telah berada di sekitar flyover Antapani.

Jembatan yang dijuluki jembatan layang Pelangi tersebut juga sudah didirikan tenda besar di Jalan Jakarta yang merupakan tempat peresmian flyover sepanjang 44 meter tersebut. (dn/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan