Harga Cabai Kian Meroket

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Harga cabai rawit di Bandung dan sekitarnya terus merangkak naik. Sejak beberapa hari terakhir, harga rata-rata cabai rawit di sejumlah pasar tradisional Rp 150-160 ribu.

”Cabai ini, kalau ditanam sekarang, tujuh bulan kemudian baru datang. Ditambah sekarang cuaca nggak menentu. Hujan terus, banyak petani yang gagal panen karena kebanjiran,” kata pedagang sayuran, Abang, 58, di Pasar Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung kepada Jabar Ekspres kemarin (8/2).

Dia mengatakan, cabai dari pasar trasdisional daerah seperti Kabupaten Bandung, Subang, Garut, Cianjur dan sekitar terbilang paling murah, ketimbang cabai di pasar Ibu Kota. ”Harga cabai di Bandung itu paling murah. Harganya Rp 130-150 ribu per kilogram. Di Jakarta mungkin sudah mencapai Rp 160 ribu per kg,” ujarnya.

Menurut dia, cabai sudah mahal dari tengkulaknya. Di Pasar Induk Caringin, harga cabai mencapai Rp 120 ribu per kg. ”Di Pasar Caringin saja sudah Rp 120 ribu per kg. Ongkos ke sananya juga lumayan. Kalau jual Rp 130 ribu per kg, menurut saya sudah kebilang rugi,” ujarnya.

Akibat mahal, sejumlah pedagang enggan berjualan si buah pedas ini. Dirinya tidak berani membeli banyak cabai rawit yang harganya hampir dua kali lipat harga daging sapi ini. Dia takut busuk, karena pembeli cabai rawit berkurang,

”Saya juga beraninya beli 1 kg. Itu juga jarang habis, pembeli jarang yang beli sekilo, setengah kilo, satu ons juga jarang, paling cuma beli 2 ribu perak. Karena itu saya tidak mau banyak stok cabai merah, takut busuk, nanti saya rugi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat Doddy Firman Nugraha mengatakan, kenaikan harga cabai karena pasokan terbatas. Sejumlah petani mengalami gagal panen akibat cuaca buruk.

Menurut dia, saat ini, petani hanya memenuhi sekitar 20 persen dari pasokan normalnya. Di tingkat petani, harga cabai rawit merah sekitar Rp 70 ribu dan cabai rawit hijau Rp 50 ribu per kilogram. ”Sudah hokum ekonomi, karena pasokan kurang, harga di pasar naik,” ujar Doddy di Kota Bandung belum lama ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan