Hamilton Rebut Pole Position di GP Tiongkok

jabarekspres.com – Pembalap andalan Mercedes, Lewis Hamilton, akhirnya memperlihatkan kualitas yang sesungguhnya. Dia berhasil meraih pole position pada GP Tiongkok pada kualifikasi, Sabtu (8/4).

Menarik ketika tahu Hamilton sempat mengalami kesulitan karena pembalap Ferrari Sebastian Vettel menguasai sesi latihan bebas sebelumnya dan Kimi Raikkonen bahkan mencatat waktu tercepat pada Q2 di kualifikasi.

Hamilton membuat catatan waktu tercepat yakni 1 menit 31,678 detik atau 0,186 detik lebih cepat dari Vettel. Ini menjadi pole position Hamilton yang ke-63 sepanjang karier, bahkan enam kali secara beruntun.

Verstappen tersingkir di Q1

Kualifikasi berjalan dalam kondisi kering, Lance Stroll dan duo pembalap Sauber menjadi rombongan pertama yang turun ke trek saat lampu hijau di ujung pit lane menyala.

Pada lima menit pertama Q1, pembalap Haas, Romain Grosjean, melintir setelah keluar dari tikungan terakhir. “Saya mengalami kebocoran ban,” lapor pembalap Perancis tersebut kepada timnya.

Menggunakan kompon soft, Vettel membawa Ferrari ke posisi teratas dengan raihan waktu 1 menit 33,078 detik. Pembalap Jerman itu menggeser posisi Hamilton yang turun ke posisi kedua.

Pembalap Red Bull, Max Verstappen, sempat menempati posisi terbawah dan dipanggil oleh Steward untuk melakukan penimbangan berat mobil. Saat babak pertama kualifikasi tinggal menyisakan lima menit pembalap Belanda harus berjuang keras.

Namun naas bagi Verstappen, saat bendera finis dikibarkan, Antonio Giovinazzi mengalami kecelakaan di tikungan dan pada percobaan terakhir. Pembalap Sauber yang hari ini menggantikan posisi pembalap utama Pascal Wehrlein, terlihat melindas bagian astroturf di luar kerb sebelah kanan trek sebelum tergelincir dan menabrak dinding ban sebelah kiri trek.

Akibatnya, bendera kuning ganda dikibarkan dan pembalap-pembalap yang sedang melakukan hotlap harus memelankan laju mobil mereka.

Verstappen akhirnya tersingkir dari Q1 bersama pembalap McLaren Stoffel Vandoorne, pembalap Haas Romain Grosjean, pembalap Renault Jolyon Palmer, dan pembalap Force India Esteban Ocon yang menempati posisi terbawah di belakang mobil Verstappen.

Meski lolos ke Q2, Giovinazzi dipastikan memulai balapan dari posisi start ke-15 karena kerusakan parah pada mobilnya. Sesi Q2 juga sempat tertunda karena para marshal membutuhkan waktu tambahan untuk membersihkan serpihan-serpihan yang disebabkan oleh kecelakaan pembalap Italia tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan