Gurita Bisnis di Persib Kian Meroket Lewat Tangan Dingin Glenn Sugita

Setelah memoles Persib, Glenn Sugita kini merambah ke level pengelolaan liga. Bagaimana gurita bisnis Glenn Sugita di sepakbola?


 

MUSIM ini Persib Bandung membuat gebrakan dan bikin heboh jagat sepakbola. Persib sukses mendatangkan dua bintang kelas dunia Carlton Cole dan Michael Essien, terutama untuk Essien. Jangan tanya soal duit, yang pasti untuk kantong kelas klub-klub Indonesia, mahar dua pemain ini teramat mahal.

Jika menilik data transfer­markt harga Cole diperkirakan 1 juta euro atau Rp 14 miliar. Tapi bisa saja angka ini turun drastis karena sesudah ber­main untuk Celtic, karir Cole tak berjalan mulus. Dia hijrah ke klub Amerika Serikat, Sa­cramento FC, yang berlaga di level kedua kompetisi di ne­geri Paman Sam. Itu pun ia bermain dalam empat laga saja.

Begitu pula Essien. Gaji Es­sien ditaksir per musim men­capai 800 ribu euro atau Rp 11 miliar. Tapi lagi-lagi angka ini hanya estimasi. Selain minim caps saat membela Panathinaikos, klub bola Yunani, Essien pun dibelit cedera panjang.

Jorjoran Persib mendatan­gkan pemain asing mahal bukanlah hal baru. Pada mu­sim 2013, Persib mendatan­gkan Sergio van Dijk, harga gaji van Dijk diperkirakan mencapai Rp 4-5 miliar. Se­bagai klub bekas perserikatan yang punya sejarah panjang, Persib memiliki basis massa yang besar. Di mana ada masa, di situ ada uang.

Dalam soal komersialisasi klub di Indonesia, Persib me­mang jago. Di saat klub-klub perserikatan lain terancam pailit, Persib tetap bisa man­diri mengarungi liga.

Namun, semua faktor itu tidak akan tercapai tanpa po­lesan tangan Glenn Sugita. Glenn saat ini menjabat Di­rektur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) yang me­naungi Persib. Saat menda­tangkan van Dijk, Glenn yang menjadi inisiatornya. Keda­tangan Essien dan Cole diakui Manajer Persib Umuh Much­tar tidak terlepas dari peran Glenn.

”Ini kejutan yang diberikan Pak Glenn sebagai hari jadi Persib ke-84. Essien sudah resmi dengan kita,” kata Umuh memuji Glenn saat menge­nalkan Essien kepada media di kantor PT PBB, beberapa waktu lalu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan