Gubernur Dorong SDM Semakin Meningkat

jabarekspres.com – Komitmen Ahmad Heryawan untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat Jawa Barat demikian kuat. Bukan saja peningkatan kualitas, gubernur asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menginginkan adanya pemerataan pendidikan di seluruh wilayah Jawa Barat.

Di periode ke-2 kepemimpinannya, pemerintah provinsi Jawa Barat mendirikan enam universitas negeri baru di wilayahnya. Selain mengubah status perguruan tinggi swasta (PTS) menjadi universitas negeri, pemprov akan mendirikan cabang dari universitas negeri yang ada saat ini.

Heryawan mengemukakan, tahun ini Pemprov Jabar akan mengubah dua PTS menjadi universitas negeri, yakni Universitas Siliwangi (Unsil) di Tasikmalaya dan Universitas Singaperbangsa (Unsika) di Karawang.

Selain Unsil dan Unsika, PTS lain yang akan berubah status menjadi univeritas negeri adalah Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) di Kota Cirebon. Pemprov Jabar telah turun tangan untuk membantu pembebasan lahan Unswagati.

Selain mengubah status PTS menjadi universitas negeri, Heryawan pun menginginkan pendirian cabang kampus negeri yang selama ini sudah ada. Pihaknya ingin mendirikan cabang dari Institut Pertanian Bogor (IPB) di Sukabumi.

”Selain di Bogor, di Sukabumi nanti akan ada kampus II IPB,” ujar Heryawan.

Adapun Universitas Padjadjaran (Unpad), gubernur menginginkan pendirian cabangnya di Subang dan Indramayu. Dengan strategi itu, diharapkan kualitas pendidikan masyarakat Jabar akan lebih maju dan merata.

Sementara itu, mulai tahun 2017 ini ITB akan mulai membuka 3 prodi di Cirebon dari yang direncanakan sebanyak 20 prodi. Semua kelas ITB, untuk sementara dipusatkan di asrama haji Watubelah, Sumber. Pemkab Cirebon tengah mencari lahan untuk pembangunan gedung secara permanen.

Bupati Cirebon Drs H Sunjaya Purwadisastra MM MSi mengatakan pihaknya akan menyiapkan lahan sebanyak 30 hektare untuk pembangunan gedung ITB permanen. ”Kita yang sediakan lahan, pemprov yang akan bangun gedungnya,” ujar Sunjaya.

Untuk pembebasan lahan, pihaknya menyiapkan dana sebanyak Rp70 miliar. Kepastian soal ITB di Kabupaten Cirebon juga disampaikan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Gubernur yang akrab disapa Aher itu memastikan pembangunan ITB  di Cirebon segera terlaksana. Hal itu bagian dari upaya pemerataan dan pengembangan pendidikan di Jabar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan