Golkar-PDIP Koalisi

jabarekspres.com, BANDUNG – Partai Golkar memantapkan langkah di Pilgub Jabar 2018 dengan menjalin koalisi bersama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Kesepakatan itu merupakan instruksi pusat masing-masing partai dan akan dilakukan secara resmi hari ini di kantor DPD PDIP,  hari ini (9/8).

Ketua DPD Partai Golkar Jabar Dedi Mulyadi mengatakan,  penjajakan komunikasi ini sebagai bentuk untuk mencapai kesepahaman dalam menentukan siapa yang nanti akan diusung oleh kedua partai tersebut.

Untuk itu, pihaknya akan menggelar pertemuan dengan pejabat struktural PDIP Jabar. Termasuk akan bertemu dengan Ketua DPD PDIP Tubagus Hasanuddin.

”Komunikasi dengan PDIP tingkat Jabar akan kami mulai besok (hari ini, Red) di Kantor DPD PDIP Jabar,” jelas Dedi ketika dihubungi Jabar Ekspres, kemarin (8/8).

Menurutnya, pertemuan tersebut untuk menindaklanjuti wacana koalisi Golkar-PDIP yang diutarakan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pekan lalu. Instruksinya, meminta Dedi segera berkomunikasi dengan pengurus PDIP daerah.

Dirinya menilai, koalisi dua partai besar ini sangat strategis untuk merebut kemenangan di Pilgub Jabar. Sebab dari kacamata politis, kedua partai ini mendominasi mendominasi di kursi parlemen. Bila koalisi ini terbentuk, maka dapat dipastikan menjadi kekuatan besar di Jabar.

”PDIP memiliki 20 kursi, kemudian Golkar memiliki 17 kursi lalu kedua partai relatif memiliki kursi yang banyak di setiap daerah,” tuturnya.

Terpisah, Sekjen DPD PDIP Jawa Barat Abdy Yuhana membenarkan akan digelarnya pertemuan itu. Bahkan, partainya dan Golkar Jawa Barat sudah menyepakati tempat dan waktunya, yaitu di kantor DPD PDIP, Jalan Pelajar Pejuang nomor 45, Kota Bandung pukul 09.00. Sehingga, nantinya pertemuan tersebut sebagai tolak ukur untuk diajukan ke pusat mengenai siapa yang nanti akan diusung.

Menurutnya, adanya instruksi dari DPP PDIP agar menjalin pertemuan dengan Golkar Jabar merupakan langkah tepat. Sebab, dari hasil Pertemuan (tingkat petinggi DPP), adalah langkah baik bagi perkembangan pilkada di Jawa Barat

”Tentu ini akan ditindaklanjuti oleh PDIP dan Golkar di Jawa Barat,” jelasnya.

Meskipun belum bisa memberikan keterangan mengenai agenda apa saja yang akan dibicarakan, Abdy mengatakan, akan dibahas banyak hal termasuk rencana koalisi kedua partai.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan