Gojek Belum Diizinkan di Sumedang

jabarekspres.com, SUMEDANG – Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Perhubungan, sejauh ini belum pernah mengeluarkan izin terkait gojek. Meskipun beberapa hari lalu, ada pendaftaran untuk peserta angkutan berbasis online hingga terdaftar puluhan anggota.

Kabid Angkutan pada Dinas Perhubungan Aep Saepudin, mengakui kalau pihaknya tidak mengetahui di Sumedang ada pendaftaran peserta gojek. “Terus terang saya tidak tahu ada proses pendaftaran peserta gojek di Sumedang, karena memang pihak dishub sendiri tak pernah memberikan izin. Jangankan izin, koordinasi untuk penerimaan peserta saja tak ada,” katanya kemarin (30/7).

Sejauh ini, memang belum ada peraturan perundangan undangan yang mengatur tentang gojek tersebut. Sehingga untuk di Kabupaten Sumedang, mana bisa ada gojek sepanjang peraturannya belum ada. Namun untuk beberapa kota dengan katagori kota metropolitas memang ada aturannya tentang gojek. Sementara Sumedang sendiri bukan kota metropolitan.

“Untuk beberapa kecamatan di Sumedang seperti Jatinangor, Tanjungsari dan Cimanggung memang masuk dalam kawasan metropolitan area Bandung, dan bisa dilakukan kendaraan online. Namun untuk roda empat bukan roda dua, itupun prosesnya masih belum tuntas,” terangnya.

Jadi lanjut Aep, dirinya merasa heran ketika di Sumedang ada informasi pendaftaran gojek yang dilakukan salah satu perusahaan. Dan dengan adanya gojek yang tiba-tiba muncul di Sumedang, jelas akan menimbulkan gesekan dengan pengendara ojek tradisional. Apalagi kalau keberadaannya tanpa izin dan aturan yang jelas sehingga rawan tindak pidana.

Sementara itu informasi di lapangan, pihak EO gojek Traveloka telah membuka pendaftaran di Kabupaten Sumedang dengan menyewa tempat di Gedung Graha Insun Medal (GIM). Namun demikian, dari rencana membuka pendaftaran, ternyata hanya berjalan sekitar empat hari saja menyusul adanya ketidak beresan soal izin. Dan selama waktu itu, sedikitnya ada 80 peserta yang mendaftar dengan latar belakang profesi yang berbeda.

“Ah saya mah iseng saja daftar, lumayan langsung menang jaket dan juga gratis daftarnya,” terang salah seorang peserta yang sempat di temui di Komplek GIM. (her)

Tinggalkan Balasan