Giring Warga Gunakan Hak Pilih

jabarekspres.com, BANDUNG – Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial berharap partisipasi pemilu dapat meningkat saat pemilihan wali kota (Pilwalkot) 2018, mendatang. Hal itu dikatakannya saat Launching Maskot bernama Simaung dan jingle Pilwakot 2018 berjudul Untuk Bandung, di Alun-Alun Ujungberung kemarin (27/9).

Oded menyebutkan jika partisipasi warga Kota Bandung pada pemilu sebelumnya masih kurang. Ketika pemilu 2008 dan 2013 silam, angka masyarakat yang mengikuti pilkada masih di bawah 75 persen. Sehingga lanjut dia, perlu adanya terobosan agar pada pemilu 2018, mendatang dapat meningkat signifikan. Salahsatunya dengan melakukan sosialisasi secara gencar-gencaran.

Sebut dia, tingkat partisipasi masyarakat menjadi salahsatu cerminan kontribusi untuk kemajuan kotanya. Launching maskot dan jingle pemilu pun diharapkan menjadi salah satu upaya pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung untuk meningkatkan partisipasi pemilu khususnya di kota Bandung. ”Semoga partisipasi pemilu dapat meningkat, karena sesungguhnya ciri dari partisipasi pemilu yang tinggi merupakan cerminan kontribusi masyarakat yang ingin kotanya maju,” ujar Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial disela acara, kemarin (17/9).

Menyikapi konstelasi politik yang berkembang saat ini dia pun berpesan pada warga Kota Bandung agar dapat menjaga kondusifitas kotanya, pada saat jelang, pelaksanaan maupun pasca Pemilu 2018. ”Saya berharap kondisi kondusif ini dapat senantiasa terjaga, itu menjadi tanggung jawab dan kesadaran kita bersama,” tandasnya.

Di tempat yang sama Ketua KPU Kota Bandung Rifki Alimubarok menyebutkan makna dari maskot dan jingle itu agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan penuh kegembiraan. ”Maskot harimau ini diambil dari sayembara desain mascot pilwakot yang sudah kita selenggarakan beberapa waktu lalu,” kata Rifki Alimubarok ketua KPU Kota Bandung.

Diambilnya maskot itu, sebut dia karena secara psikologis maung lebih dekat dengan warga Bandung. ”Persib Bandung dan Kodam Siliwangi berlambang maung. Makanya desain Si Maung ini menjadi juara dari Tujuh desain yang berkompetisi di sayembara mascot Pilwakot Kota Bandung 2018,” terang dia.

Sementara itu disinggung tingkat partisipasi pemilih yang masih rendah pada pemilu sebelumnya, dia pun tak menampik hal itu. Sehingga sebut dia dengan adanya sosialisasi dan peluncuran tersebut diharapkan dapat meningkatkan angka partisipasi ke 70 persen dari total pemilih yang ada sekitar 1,7 juta pemilih.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan