Gempa Dangkal Tak Berpotensi Tsunami

jabarekspres.com, SUKABUMI – Meski membuat khawatir seluruh masyarakat Sukabumi, gempa berkekuatan 6,3 SR yang terjadi kemarin (12/6) dipastikan tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Darah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Usman Jaelani mengatakan, pasca gempa pihaknya langsung mengerahkan seluruhnya relawan di seluruh kecamatan untuk melakukan pemeriksaan.

”Dari 47 Kecamatan, laporan dari tim relawan BPBD tidak ada korban maupun kerusakan parah yang terjadi,” kata Usman kepada Jabar Ekspres, kemarin.

Menurut dia, Kabupaten Sukabumi berada di peringkat ke tiga di Jawa Barat ketgori potensial bencana gempa bumi. Dengan begitu, pihaknya berupaya bersiapsiaga bila mana terjadi kembali gempa susulan ataupun bencana lainnya.

Meski berada di daerah rawan gempa, Usman mengimbau masyarakat tetap tenang dan kondusif. Terlebih, setiap informasi kebencanaan akan terus diberikan.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian BPBD Kota Sukabumi Asep Suhendrawan menyatakan gempa berkekuatan 6,3 skala Richter  yang terjadi di wilayah Kota Sukabumi masih terbilang aman. Itu merupakan hasil koordinasi bersama aparat kecamatan di Cikole dan Gunung Puyuh.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Kota Sukabumi, kata dia, pergerakan tanah tercatat banyak terjadi di dua kecamatan:  Cikole dan Gunung Puyuh. ”Saat ini belum ada laporan korban jiwa atau pun kerusakan dari gempa tersebut,” ucapnya.

Sementara itu, Staf Pengelolaan Data dan Informasi BMKG Kota Bandung Indriana Lucky mengatakan, titik gempa berada di kedalam 10 km yang berpusat di Samudera Hindia tepatnya 179 km barat daya Kota Sukabumi. atau 226 km barat daya Bandung atau 253 km barat daya Jakarta.

”Ini termasuk gempa dangkal namun tidak berpotensi tsunami, karena tidak termasuk kriteria tsunami jadi warga diimbau untuk tetap tenang,” katanya saat di temui di kantor bmkg Kota Bandung.

Lanjut dia, Posko BNPB telah mengonfirmasi dampak dari gempa ke beberapa BPBD. Dilaporkan bahwa gempa dirasakan di beberapa daerah.

Dia mengatakan beberapa lokasi yang mendapatkan efek dari gempa yang terjadi Sukabumi. Gempa dirasakan cukup kuat/keras di Kota Sukabumi selama 5-6 detik, 3-5 detik di Kabupaten Bogor, 3 detik Jakarta, 3-5 detik di Bandung. Gempa juga dirasakan lemah hingga sedang oleh masyarakat di Cianjur, Bekasi, Depok, Kota Bogor, Garut, Kabupaten Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan