Gempa 5,2 Skala Richter Guncang Sukabumi

bandungekspres.co.id, SUKABUMI – Gempa bumi mengguncang Kota Sukabumi, Provinsi Jawa Barat kemarin (8/2). Getaran gempa dirasakan warga di sejumlah daerah di Jawa Barat, seperti Bandung dan Bogor.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa tersebut berkekuatan 5,2 skala richter (SR) dengan kedalaman 25 KM.

”Hingga saat ini belum kami terima laporan kerusakan akibat dampak gempa,” terang Koordinator Pusat Pengendalian dan Operasional BPBD Kabupaten Sukabumi Yana Rusyana kemarin.

Namun pihaknya sudah memerintahkan seluruh relawan di setiap kecamatan untuk memantau perkembangan di lapangan. Terutama akibat yang ditimbulkan dari getaran gempa tersebut.

”Kalau melihat peta guncangan dari data accelerograf, kemungkinan titik inti gempa berada di sekitar Laut Palabuhanratu,” terang Yana.

Getaran gempa berkekuatan 5,2 skala richter terjadi pukul 15.34. Lokasinya berada di 7.64 Lintang Selatan, 106.90 Bujur Timur di kedalaman 25 kilometer. Posisinya di 79 kilometer Barat Daya Kota Sukabumi, 86 kilometer Barat Daya Kabupaten Sukabumi, 95 kilometer Barat Daya Kabupaten Cianjur, 113 kilometer Barat Daya Bandung, dan 163 kilometer Tenggara Jakarta.

”Dari informasi, gempa ini tidak berpotensi tsunami. Jika melihat lokasi, kemungkinan episentrum-nya berada di sekitar Palabuhanratu hingga ke arah Cisolok,” tambah Yana.

Sementara itu warga di Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi, rata-rata mengaku tak merasakan getaran gempa tersebut.

Enggak, enggak terasa apa-apa, kang,” kata Dadang Hermawan, warga Kecamatan Ciracap kemarin.

Pantauannya di lapangan, lanjut Koordinator Badan Penyelamat Wisata Tirta Wilayah Selatan Kabupaten Sukabumi itu, tidak terjadi fenomena alam pascainformasi terjadina getaran gempa tersebut.  ”Sejauh ini tidak ada keanehan apa-apa,” tukasnya.

Gempa bumi berkekuatan 5,2 skala richter, kemarin petang, menambah daftar panjang terjadinya getaran gempa selama Januari hingga awal Februari yang berpusat di Sukabumi.

Pada Januari setidaknya terjadi 9 kali getaran gempa. Pada Selasa (3/1) pukul 21.41 WIB dengan magnitude 4,3 skala richter berlokasi di 8.13 Lintang Selatan 106.90 Bujur Timur 134 kilometer Barat Daya Sukabumi di kedalaman 10 kilometer. Selanjutnya pada Kamis (5/1) pukul 15.03 WIB dengan magnitude 3,1 skala richter berlokasi di 7.77 Lintang Selatan 106.24 Bujur Timur arah 120 kilometer Barat Daya Kota Sukabumi dengan kedalaman 10 kilometer. Pada Jumat (6/1) terjadi dua kali getaran gempa. Pertama pada pukul 07.08 WIB dengan magnitude 3,4 skala richter.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan