Flyover Padasuka Longsor

jabarekspres.com, CIMAHI – Jembatan flyover Padasuka yang sempat terhenti pengerjaannya longsor akibat tergerus sumber air di dalam tanah sekitar jembatan. Longsor dengan ketinggian tanah sekitar 13 meter dengan kemiringan 16 meter dan lebar sekitar 8 meter tersebut jika dibiarkan akan membuat konstruksi jembatan goyah. Sehingga, bisa saja flyover tersebut roboh akibat kontur tanah yang tidak stabil.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cimahi Ainul Yakin mengatakan, sebenarnya longsor tersebut terjadi sejak Januari 2017 tetapi tidak terlalu besar. Namun karena intensitas hujan sejak Januari cukup tinggi dan sumber air di bawah tanah yang besar maka longsoran yang besar tak terelakan. Sehingga harus ada perbaikan dengan pengerjaan secara bertahap.

”Mulai ketahuan longsor 24 Januari, 28 Januari longsor kedua, langsung ditangani,” terang dia saat meninjau longsor flyover Padasuka, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, kemarin (6/4).

Dia menjelaskan, kondisi tanah semakin tergerus sumber air didalamnya. Imbasnya, semakin lama tanah akan semakin tergerus. Sehingga harus cepat ditangani agar tidak mengalami kerusakan yang sakin parah. ”Pengikisan tanah, terus longsor, makannya kita tangani,” jelasnya.

Ainul mengungkapkan, untuk penanganan kerusakan, pihaknya memperbaikinya dengan menggunakan bronjong. Tujuanya, untuk menahan dan menguatkan tanah agar tidak longsor. Penanganan dengan bronjong ini dilakukan setelah melakukan konsultasi dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) jalan.

”Hasil konsultasi dengan Puslitbang Jalan, arahan dari sana ada beberapa alternatif, akhirnya kita menggunakan bronjong,” ujarnya.

Sedangkan untuk anggaran yang digunakan dalam penanganan dan pemasangan bronjong sendiri, Ainul mengungkapkan, dari dana darurat khsusu flyover Padasuka yang mencapai Rp 750 juta. Namun khusus total pembayarannya akan disesuaikan dan diakumulasikan setelah proses pekerjaanya selesai.

”Untuk pembayaran, kita menyesuaikan dengan kebutuhan. Sudah beres baru kita hitung semua. Penyedia jasa dulu yang bayar,” beber Ainul.

Dia menargetkan, proses pengerjaan pemasangan bronjong penahan tanah selesai minggu ini. ”Kita pengen secepatnya. Paling lama minggu ini beres,” ucapnya.

Sebetulnya, flyover Padasuka merupakan proyek yang mulai dibangun pada Oktober 2016, dan ditargetkan akan selesai Desember 2016 sesuai kontrak yang disepakati dengan pihak ketiga. Tetapi, karena ada surat edaran dari Dirjen Keselamatan PT Kereta Api Indonesia (KAI)  yang menerangkan, bahwa selama arus mudik Natal dan Tahun baru tidak boleh ada aktivitas pembangunan di sekitar ruas jalan kereta, maka proyek dihentikan sementara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan