Evaluasi Pembangunan di Satu Dasawarsa KBB

DPRD Apresiasi Pencapaian Pemda

DPRD-KBB
RAPAT PARIPURNA: Ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat Aa Umbara Sutisna (ketiga dari kiri) didampingi Bupati Bandung Barat Abubakar (kedua dari kiri) membacakan sambutan dalam rapat paripurna DPRD dalam penetapan anggaran tahun 2017.

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Kabupaten Bandung Barat menginjak satu dasawarsa atau memasuki usia yang ke-10 pada 19 Juni 2017. Sejak pemekaran pada tahun 2007 silam, dilanjutkan kepemimpinan Bupati Bandung Barat Abubakar hingga periode ke-2, masih banyak catatan yang harus diselesaikan di akhir masa jabatannya yang akan habis pada 2018 mendatang. Di antaranya terkait dengan pembangunan infrastruktur jalan.

Ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengungkapkan, di akhir masa jabatannya, Bupati Abubakar harus benar-benar serius menyelesaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Terutama bagaimana menyelesaikan pengerjaan infrastruktur jalan yang menghubungkan antar kecamatan bahkan kabupaten/kota di seluruh wilayah Kabupaten Bandung Barat.

paripurna-kbb
BERIKAN HASIL KINERJA: Abubakar memberikan hasil laporan kinerja eksekutif yang diterima Syamsul Maarif, Wakil Ketua DPRD KBB, di Padalarang. Hal itu dilakukan Bupati Bandung Barat, Abubakar usai penetapan anggaran 2017.

“Di akhir jabatan nanti, kita harus lebih fokus menyelesaikan program kerja yang sudah disusun dan ditargetkan oleh masing-masing SKPD,” kata Aa saat dijumpai di Padalarang baru-baru ini.

Menurut Aa, selama ini DPRD Kabupaten Bandung Barat terus memberikan dukungan anggaran,  salah satunya terhadap pembangunan infrastruktur jalan. Setiap tahun ratusan miliar digelontorkan untuk membenahi jalan-jalan di berbagai wilayah. “Tinggal bagaimana masing-masing SKPD di bawah arahan Bupati bisa menyelesaikan seluruh pengerjaan jalan. Karena dukungan anggaran dari kami selalu diberikan setiap tahunnya,” ungkapnya.

Aa menambahkan, menginjak usia ke-10 ini, harus dijadikan evaluasi dan intropeksi diri agar ke depan Kabupaten Bandung Barat, agar jauh lebih baik. Aa,  sebagai warga asli Kabupaten Bandung Barat menginginkan agar ke depan kabupaten ini bisa makin maju dengan memiliki berbagai prestasi membanggakan serta mampu bersaing dengan wilayah lainnya. “Kita harapkan KBB ke depan bisa lebih baik dengan menorehkan berbagai macam prestasi,” terangnya.

Hal senada diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat Hanes Lise. Menurut dia, perlu adanya intropeksi dari hasil capaian pembangunan diusia satu dasawarsa ini. Sehingga pengerjaan infrastruktur yang memang belum terlaksana, dapat diwujudkan dalam waktu dekat. “Saya kritisi misalkan soal pembangunan infrastruktur jalan di wilayah selatan yang dinilai kurang pas. Apalagi, banyak temuan baru juga selesai dikerjakan, beberapa minggu atau bulan, rusak lagi. Berarti ada yang salah dalam melakukan pembangunan tersebut,” paparnya.

Selain soal infrastruktur jalan, sebut dia, pemerintah daerah harus memperhatikan dunia pendidikan dan kesehatan. Temuan dari BPK atas dana BOS yang menyebabkan KBB mendapatkan WDP untuk kelima kalinya. Ini harus menjadi intropeksi jajaran eksekutif. “Harapannya ke depan tentu ingin mendapatkan WTP. Untuk mewujudkan itu, harus ada pembenahan baik di sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur jalan dan lain halnya,” bebernya.

Hanes juga mengkritisi terkait dengan belum maksimalnya menerapkan pembagian zona wilayah di Kabupaten Bandung Barat. Ia menilai, pemeritah daerah seharusnya membagi zona seperti wilayah utara meliputi Lembang, Cisarua dan Parongpong dikenal dengan sektor pertanian atau pangan.

Wilayah tengah seperti di kawasan Cipeundeuy dan Cikalongwetan dikenal penghasil budidaya ikan atau perikanan bisa lebih digenjot. “Termasuk di wilayah selatan. Pokoknya semua wilayah harus dibagi zona dan harus digenjot agar menghasilkan perekonomian yang lebih baik, itu perlu didukung pemerintah daerah. Sebetulnya KBB bisa lebih maju dengan APBD yang sangat besar seperti saat ini,” paparnya.

Bertepatan dengan Hari Jadi ke-10 Kabupaten Bandung Barat, Pimpinan DPRD KBB mulai dari Ketua DPRD KBB Aa Umbara Sutisna, Wakil DPRD KBB, Samsul Maarif, Wakil DPRD KBB, Sunarya Erawan dan Wakil DPRD KBB, Hanes Lise mengucapkan selamat Hari Jadi Satu Dasawarsa untuk Kabupaten Bandung Barat. (adv/drx/gun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here