Enam Kepala SKPD Kosong

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Lima Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di Kota Cimahi masih belum terisi. Itu lantaran rekrutmen pejabat eselon dua tersebut harus diisi dengan seleksi terbuka atau open bidding.

Kepala  Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Cimahi Harjono menyebutkan, saat ini ada lima OPD dan satu inspektorat yang belum memiliki pimpinan. Diantaranya Dinas Pangan dan Pertanian, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Komunikasi, Informatika, Kearsipan dan Perpustakaan, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Inspektorat.  ”Kalau dianggaran kami triwulan pertama sudah siap dijalankan. Mau bulan Januari atau Februari juga siap,” kata Kepala BKD Kota Cimahi, Harjono, kemarin (13/1).

Menurutnya, untuk Inspektorat sudah memasuki masa pensiun. Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan akan berakhir masa Jabatan Tinggi Pratama (JTP) Juni mendatang. Sedangkan kepala dinas kesehatan sudah empat tahun delapan bulan. “Sedangkan JTP itu maksimal menjabat 5 tahun,” terang Harjono.

Saat ini, Kepala Dinas Kesehatan diisi oleh Pratiwi. Jika dia ingin menjabat kembali, berarti dia harus mengikuti seleksi terbuka lagi. “Kalau sudah lima tahun harus di open bidding. Kalau dia akan menjabat yang sama itu harus ikut open bidding, kecuali dia dimutasi ke tempat lain,” jelas Harjono.

Dikatakan Harjono, pengisian sejumlah pimpinan dinas di atas harus segera mungkin diisi. Sebab, dinas yang notabenya baru tersebut harus segera menyusun rencana ke depan.

”Memang ada sekretaris, tapi lebih bagus lagi kalau ada yang memimpin langsung,” ujarnya.

Perihal persyaratan, kata Harjono, tidak akan jauh berbeda dari seleksi terbuka sebelumnya. Seperti syarat administrasi, kompetensi, golongan dan lain-lain. Soal kompetensi dan kemampuan, setiap dinas pastinya memiliki spesifikasi tersendiri. (bun/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan