Emil Turut Pungut Sampah

jabarekspres.com, BANDUNG – Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil sibuk memungut memungut sampah bersama ratusan warga di Car Free Day Dago, kemarin (8/10). Aksi tersebut merupakan rangkaian acara Clean Up Jabar yang digelar di 29 titik di 16 kabupaten/kota Jawa Barat.

Untuk diketahui, Clean Up Jabar Day merupakan perluasan program Clean Up Bandung Day yang yang telah diselenggarakan pada Minggu 16  Oktober 2016, dihadiri  lebih dari 1.700 relawan. Para relawan yang tersebar di 10 lokasi, secara serentak memungut dan memilah sampah dari yang bisa  dan tidak  bisa  didaur  ulang.

”Tujuan dari Clean Up Jabar  Day adalah untuk  meningkatkan kewaspadaan dan kepekaan masyarakat terhadap bahaya dari membuang sampah sembarangan  dan pentingnya proses daur ulang – dimulai dari sendiri, di lingkungan rumah atau  pekerjaan,” papar Rdiwan Kamil di sela-sela kegiatan, kemarin.

Ridwan mengaku, sangat mendukung gerakan yang diinisasi warganya itu. Menurutnya, kota ini akan semakin juara jika warganya turun tangan menangani persoalan kota.

”Warga yang baik adalah warga yang turun tangan bukan lepas tangan. Pejabat yang baik juga bukan pejabat yang tunjuk tangan,” ucap pria yang akrab disapa Emil itu.

Dia berharap, kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan sekali dalam setahun. Aksi hari ini adalah sebagai penggerak agar warga semakin ingat untuk menjaga kebersihan kota.

”Mudah-mudahan gerakan ini menjadi budaya hingga tidak hanya dilaksanakan setahun sekali. Ini juga tidak cuma dilaksanakan di kota Bandung tapi ada 16 Kota kabupaten di Jawa Barat,” tandasnya.

Sementara itu, pendiri LSM Clean Up Jabar Day, Andy McCulloch mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat Kota Bandung. Dia menerangkan, tak kurang dari 15.000 relawan di 29 titik turun tangan membersihkan wilayah masing-masing.

”Kami mau mengucapkan terima kasih kepada semua relawan yang bergabung dalam Clean Up Jabar Day. Kami senang sekali karena ribuan warga Jabar ingin membuat provinsi Jawa Barat berkembang sebagai wilayah yang bersih, indah dan sehat,” tuturnya. (pan/rls/rie)

Tinggalkan Balasan