Emil Tambah Personel Satpol PP, Penegakkan Hukum Mulai dari Diri Sendiri

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil menegaskan kepada aparat keamanan sipil untuk berkomitmen penuh terhadap integritas kinerjanya. Hal itu dilakukan semata-mata agar situasi keamanan dan ketertiban masyarakat Kota Bandung tetap terjaga.

Wali Kota mengemukakan hal tersebut di hadapan ratusan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) saat melaksanakan apel masuk kerja dan gelar pasukan dalam rangka penyelenggaraan ketenteraman ketertiban umum, penegakkan peraturan daerah, dan perlindungan masyarakat, di Plaza Balai Kota Bandung, kemarin (14/2).

Dia meminta, para aparatur penegak hukum bertindak tegas dalam penegakkan aturan. Baginya, kunci kesuksesan Satpol PP dan Satlinmas terletak pada jiwa dan sikap yang tegas kepada para pelanggar aturan.

”Itulah mengapa Anda-Anda berseragam agar di dalamnya melekat rasa tanggung jawab kepada negara. Seragam ini adalah simbol dari negara bahwa kalau anda bertugas maka negara hadir dalam penegakan aturan,” papar Ridwan Kamil, kemarin.

Ketegasan ini dinilai penting untuk mencegah terjadinya kekosongan dalam penegakkan hukum. Jika hal itu terjadi, kata dia, diprediksi banyak para pelanggar hukum akan melakukan tindakan negatif.

Namun demikian, pria yang akrab disapa Emil itu pun mengingatkan, ketegasan yang dimaksud bukan berarti semata-mata menggunakan tindakan fisik. Tapi, juga konsistensi dalam pelaksanaan aturan. Ketegasan juga harus ditunjukkan dalam sikap yang teguh dan berpendirian.

”Ketegasan itu adalah sikap bukan volume suara, tidak harus ditunjukkan dengan amarah diperlihatkan dalam diam tapi teguh dalam bersikap,” tuturnya.

”Saya titip nilai-nilai itu ada yang harus dimiliki oleh Kepala Satpol PP. Kalau amanah ini dipenuhi, Insya Allah badan dan ekornya pun akan disiplin istiqomah lurus seperti yang kita harapkan,” tambahnya.

Tahun ini, pemerintah kota menambah 350 tambahan personel Satpol PP dan Satlinmas guna melaksanakan penertiban umum. Jumlah tersebut menambahkan kekuatan eksisting Satpol PP saat ini sebanyak 378 orang. Selain itu, Satpol PP juga ditunjang dengan fasilitas prasarana sejumlah 136 unit yang terdiri atas truk, minibus, pick up, double cabin, elf, sedan, motor Pamwal, motor trail, dan motor operasional petugas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan