Emil Sidak Skywalk Cihampelas

bandungekspres.co.id, CIHAMPELAS – Wali Kota Bandung Ridwan kamil inspeksi mendadak ke lokasi proyek pembangunan skywalk Cihampelas di Jalan Cihampelas, kemarin (16/1). Emil, sapaan akrabnya memastikan kesiapan pengunaan skywalk yang diperuntukan bagi pejalan kaki dan pedagang di sekitar Cihampelas dapat digunakan secepatnya.

Emil mengatakan, sampai saat ini, memang pembangunan skywalk terlambat, karena belum mencapai 100 persen. Namun demikian, keterlambatan ini bukan suatu persoalan, sebab pengerjaan proyek skywalk ini merupakan proyek yang rumit dan unik.

’’Mesti pembangunannya terlambat, tapi kualitas konstruksinya terbaik se Indonesia,’’ kata dia.

Menanggapi permasalahan tersebut, Humas PT Lika Tama Graha Mandiri, kontraktor pengerjaan Skywalk Cihampelas, Ika Rahmat Komara mengungkapan, saat ini pembangunan mencapai 87 persen. Adapun, besaran anggaran pembangunan skywalk senilai Rp 48 miliar, dengan beragam material konstruksi, seperti baja, metal untuk plafon, lantai beton precast, keramik dari granit dan bangkirai.

’’Untuk kekuatan beban konstruksinya. Kami masih menunggu hasil uji dari Dinas Pekerjaan Umum,’’ ungkapnya.

Lebih lanju Ika menjelaskan, bangunan skywalk ini memiliki panjang 450 meter persegi, lebar sembilan meter, kedalaman tiang pancang sembilan meter, dan ketinggian sekitar 4,6 meter. Saat ini pengerjaan tinggal finishing saja seperti lantai, pagar, dan kios PKL. Menuerutnya, sisa pengerjaan ini akan bisa diselesaikan hingga akhir Januari 2017 ini.

’’Batas ketinggian ini sudah kami sesuaikan. Sehingga akan tetap bisa dilalui oleh kendaraan pemadam kebakaran apabila ada suatu hal yang tidak diinginkan,’’ tegas Ika.

Ika menambahkan, pada lokasi ini sedikitnya sudah buatkan 1.976 kios yang diperuntukan bagi para pedagang kaki lima (PKL) yang sudah didata sebelumnya. Namun, jumlah tersebut dipastikan akan terus bertambah. Untuk ukuran kios dibangun seluas 2×2 meter dan 3×1,5 meter.

’’Insya Allah pembangunan akan berjalan lancar dan tidak ada hambatan apapun,’’ pungkasnya.

proses pendataan ulang PKL ditargetkan selesai akhir Januari 2017. Sehingga, diharapkan Skywalk Cihampelas bisa digunakan dan diresmikan awal Maret 2017 mendatang. (dn/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan