Emil Ingin Pelayan Kesehatan Optimal

jabarekspres.com, BANDUNG – Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil menekankan ke seluruh petugas kesehatan agar senantiasa bertugas dengan hati untuk melayani masyarakat. Hal itu diungkapkannya saat memotivasi para petugas kesehatan di tiga rumah sakit milik Pemerintah Kota Bandung di Gedung Serba Guna Balai Kota Bandung, Rabu (5/7).

Ridwan mengingatkan bahwa bekerja di bidang kesehatan adalah pekerjaan kemanusiaan. Kunci keberhasilan kinerja bisa dilihat dari seberapa bahagia pasien-pasien yang dilayani.

”Kemuliaan kita sebagai pelayan publik ada pada kepuasan mereka, rasa terima kasih mereka yang kita bantu,” ujar Ridwan.

Selain meminta keoptimalan dalam bekerja, Ridwan juga ingin agar para petugas kesehatan tidak sekadar menunaikan tugas, tetapi mencurahkan segala kemampuan untuk membantu mereka yang membutuhkan.

”Kalau bekerja diminta lima, kerjakanlah enam. Itu baru luar biasa,” ujar Ridwan.

Saat ini, pemerintah sedang gencar-gencarnya menjalankan berbagai inovasi kesehatan, salah satunya adalah program Layad Rawat yang akan segera dimulai dalam waktu dekat. Inovasi itu merupakan solusi agar warga miskin tidak perlu datang ke rumah sakit untuk berobat.

”Kita yang datangi mereka. Karena secara biaya itu lebih murah ketimbang mereka harus mengeluarkan uang untuk membayar perawatan rumah sakit,” terangnya.

Inovasi itu juga jawaban saat pemerintah kota belum bisa menghadirkan rumah sakit umum yang bisa memenuhi kebutuhan seluruh warga, tidak hanya Kota Bandung, tetapi juga wilayah di sekitarnya.

”Kalau membangun properti seperti rumah sakit kendalanya pembebasan lahan. Akhirnya karena ada keluangan dari Kementerian Keuangan, ada opsi untuk KPBU. Saya masukkan salah satunya Rumah Sakit Umum Daerah,” imbuhnya.

Dia berharap, tahun ini mekanisme pembangunan rumah sakit melalui lelang investasi bisa terwujud dengan valuasi yang baik dan benar.

”Nanti tanahnya dari mereka dengan valuasi yang baik dan benar, kemudian dibangun oleh mereka, kita terima kunci aja. Itu bisa cepat,” jelas Ridwan. (*/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan