Elin Targetkan Pasar Sehat di KBB

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Ketua Forum Kabupaten Bandung Barat Sehat, Elin Suharliah Abubakar menargetkan, seluruh pasar tradisional di Kabupaten Bandung Barat bisa menjadi pasar sehat.

Hal itu dilakukan guna memberikan kenyamanan serta menghindari dari berbagai penyakit saat masyarakat berbelanja di pasar tradisional.

Hingga saat ini, sebut Elin, baru satu pasar yang sudah dinyatakan Pasar Sehat yakni Pasar Baru Curug Agung Padalarang. “Pasar tersebut sudah mendapatkan penilaian dengan sanitasi baik dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pasar Baru Curug Agung, mendapat penilaian 78 dan tahun ini kami ingin meningkat nilai itu menjadi 80,” kata Elin kepada wartawan di Ngamprah, kemarin.

Kriteria Pasar Sehat, kata Elin, dilihat dari berbagai aspek di antaranya konsep bangunan pasar seperti pengaturan kios, sistem saluran air dan drainase, serta penempatan WC umum. Selain itu, di dalam pasar juga harus menyediakan fasilitas khusus seperti Pojok Laktasi atau ruang untuk ibu menyusui.

“Karena yang datang ke pasar itu kebanyakan kaum ibu, begitupun pedagangnya,” terangnya.

Selain konsep bangunan dan ketersediaan fasilitas khusus, yang paling penting adalah keberadaan tempat pembuangan sampah (TPS) di pasar. Pasalnya, keberadaan sampah kerap menjadi persoalan kesehatan termasuk di pasar. “Setiap pasar itu harus memiliki TPS sementara. Sehingga pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan baik untuk menciptakan kesehatan lingkungan,” ujarnya.

Tak hanya itu, kata Elin, penghijauan di sekitar pasar harus diwujudkan. Seperti berdirinya taman serta pepohonan, selain memberikan udara yang segar dan sehat, pohon juga memberikan kondisi alam lebih sejuk. “Penghijauan juga memberikan pasar menjadi sehat. Itu harus diaplikasikan di setiap pasar di Kabupaten Bandung Barat,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bandung Barat Abubakar menambahkan, Pemkab Bandung Barat terus mewujudkan revitalisasi pasar di setiap daerah. Namun, untuk mewujudkan revitalisasi pasar harus berdasarkan kesepakatan bersama para pedagang.

“Seperti Pasar Cililin dan Pasar Buah Lembang sudah dilakukan revitalisasi. Sebelumnya, Pasar Batujajar, Pasar Curug Agung juga sudah rampung dilakukan revitalisasi. Begtu juga dengan Pasar Panorama Lembang, saat ini tengah dalam pembangunan pasca terjadinya kebakaran,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan