Elektabilitas Emil Meroket

jabarekspres.com, BANDUNG – Nama Ridwan Kamil muncul di posisi tera­tas pada hasil survei terbaru Media Survei Nasional (Me­dian) terkait elektabilitas tokoh-tokoh yang layak maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018. Elek­tabilitas pria yang sekarang menjabat sebagai Wali Kota Bandung ini mencapai 24,4 persen, mengungguli tokoh-tokoh lain seperti seperti Wa­kil Gubernur Jabar Deddy Mizwar (15,6 persen), mantan Wakil Gubernur Jabar Dede Yusuf (11,6 persen), dan Bu­pati Purwakarta Dedi Muly­adi (7,1 persen).

Hasil survei Median yang dirilis Jumat (12/5), menunjuk­kan peningkatan elektabilitas Ridwan Kamil (RK) sekira 2,4 persen jika dibandingkan dengan hasil survei sebelum­nya yang dilakukan oleh Indo Barometer. Hasil survei Indo Barometer yang dirilis pada Maret 2017, menunjukkan elektabilitas Ridwan Kamil menduduki posisi teratas dengan perolehan 22 persen. Hal ini berbeda dengan kan­didat lain yang elektabilitas­nya justru turun, seperti Dede Yusuf turun 0,5 persen dan Dedi Mulyadi yang turun 0,2 persen.

Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun mengungkapkan survei dilakukan pada kurun waktu 25 April sampai 3 Mei 2017. Populasi survei melip­uti seluruh warga Jabar seba­nyak 1.000 responden dengan margin of error sebesar kurang lebih persen. Quality control dilakukan terhadap 20 persen sampel yang ada. Sementara metode survei yang digunakan adalah multistage random sampling. ”Riset ingin men­guji kekuatan popularitas kandidat kader partai dan kandidat yang bukan kader partai,” ungkap Rico.

Kepada responden, lanjut Rico, diajukan pertanyaan, ”Jika pemilihan gubernur Ja­bar dilakukan saat ini, dari tokoh-tokoh berikut ini, sia­pakah yang akan Anda pilih menjadi gubernur Jabar?” Apabila pilihan responden tidak ada dalam daftar, maka responden dipersilakan untuk menyebutkannya.

Dari hasil survei tersebut, terjaring 17 nama yang masuk dalam bursa Pilgub Jabar 2018. Nama-nama tersebut telah dikenal oleh masyarakat Jawa Barat dan kerap muncul dalam beberapa survei terkait bakal calon Pilgub Jabar 2018.

Mereka adalah Ridwan Ka­mil (24,4 persen), Deddy Miz­war (15,6 persen), Dede Yusuf (11,6 persen), Abdullah Gym­nastiar/Aa Gym (7,5 persen), Dedi Mulyadi (7,1 persen), Rieke Dyah Pitaloka (3,6 per­sen), Uu Ruzhanul Ulum (2,0 persen), Abdul Haris Bobihoe (2,0 persen), Entis Sutisna/Sule (1,6 persen), Desy Rat­nasari (1,2 persen), Bima Arya Sugiarto (0,8 persen), TB Ha­sanuddin (0,4 persen), Iwan Sulandjana (0,4 persen), Ineu Purwadewi Sundari (0,4 per­sen), Ade Barkah Surahman (0,4 persen), Haris Yuliana (0,2 persen), dan Netty Pra­setyani Heryawan (0,2 persen).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan