Ekonomi Kreatif Jadi Andalan

5
BERIKAN ARAHAN: Camat Padalarang memberikan penyuluhan kepada Karang Taruna Desa Ciburuy untuk selalu memiliki kebersamaa dalam menata lingkungan Situ Ciburuy.

jabarekspres.com, PADALARANG – Keberadaan situ Ciburuy yang mengelilingi desa Ciburuy adalah berkah bagi masyarakat setempat. Sebab, dengan semakin ramainya pengunjung yang mendatangi obyek wisata tersebut secara langsung dapat meningkatkan perekonomian warga.

Kepala Desa Ciburuy Oma Sumantri mengatakan, potensi ekonomi dari keberadaan situ ini sebetulnya sudah disadari sejak lama dan saat ini sudah ada penataan secara bertahap.

Namun, yang tak kalah pentingnya adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat Desa Ciburuy akan pentingnya kebersihan disekitar Obyek wisata.

“Saya selalu mengajak masyarakat khususnya anak muda yang tergabung dalam karang taruana untuk ikut andil menjaga dan merawat keberadaan situ ini dengan memberikan kepedulian lingkungan,”jelas Oma ketika ditemui di disela- sela menggelar aksi gotong royong bersama warga kemarin (3/9)

Selain itu, dengan menggerakkan masyarakat bahu membahu dan saling membantu mewujudkan pembangun jalan sepanjang 8 kilometer sebagai sarana Jogging Track yang mengelilingi Situ Ciburuy.

Dirinya menilai, Obyek wisata Situ Ciburuy ini masih butuh berbagai perbaikan dan penataan terutama tambahan fasilitas dan sarana diantaranya pagelaran seni budaya yang diadakan secara rutin di Situ Ciburuy.

Sedangkan untuk masyarakatnya harus diberdayaakan untuk menciptakan berbagai peluang ekonomi kreatif. Sehingga, bila ada wisatawan yang berkunjung akan memiliki kesan yang baik.

“Jadi saya berharap bantuan dari pemerintah baik di Pemkab maupun tingkat provinsi untuk memberikan perhatiannya kepada keneradaan Situ Ciburuy untuk dijadikan obyek wisata yang bisa diandalkan,”ucap Oma.

Sementara itu Camat Padalarang Usep Supriatna mengaku sangat mengapresiasi aksi gotong royong yang dilakukan warga desa Ciburuy tersebut.

Dirinya berpendapat aksi yang digalakan dengan menggelar bersih-bersih situ Ciburuy harus dijadikan rutinitas warga, khususnya dihari libur untuk mengadakan gotong royong bersama.

“Ini sangat positif untuk memupuk kebersamaan dan silahturahmi,”ucap dia.

Pada kesempatan tersebut selepas acara bebersih situ Ciburuy masyarakat secara bersama- sama dan swadaya menggelar kesenian budaya jaipongan di Gedung Karang Taruna sekaligus menerima kunjungan Karang Taruna dari Sukoharjo Jawa Tengah. (yan)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here