Een Ingin Wujudkan Kampung Herbal

kampung herbal
BANYAK TANAMAN: Een memperliahat hasil jerih payahnya dalam menanam tanaman Herbal di pekarangan rumahnya.

jabarekspres.com, SOREANG – Berawal dari hobi menanam dan mengkonsumsi berbagai tanaman obat herbal, Een Siti Zaenab (59) warga RT 1 RW 2 Desa Pameuntasan Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung menjadikan tempat tinggalnya dipenuhi berbagai jenis tanaman yang dindikasikan sebagai obat herbal.

Berbagai jenis tanaman herbal yang sudah dikenal khasiatnya menghiasi setiap sudut rumahnya yang tampak terlihat asri meskipun berada didalam sebuah gang berpenduduk padat.

Selain dipekarang dan pelataran rumahnya, inisiatif Een tidak sampai disitu, dilurung gang rumahnya di penuhi berbagai jenis tanaman herbal yang bisa dipetik suatu saat oleh warga bila membutuhkan.

Dari kediamannya yang rimbun Een menceritakan, bahwa hobinya menanam tumbuhan sudah didapatkannya sejak remaja Bahkan, kala itu kegemarannya adalah menkonsumsi jamu yang didapatkan dari tumbuh tubuhan herbal hasil racikannya sendiri.

Bukan itu saja, ketika dia mengalami gejala darah tinggi dan suaminya terserang stroke, selain berobat kedokter konsumsi herbal ia lakukan secara rutin untuk menurunkan tensi tekanan darahnya.Bahkan suaminya selam dua tahun terakhir ini sudah dapat berjalan kembali. Padahal Stroke yang di deritanya sudah 6 tahun lebih.

“Alhamdulilah dulu sering darah tingginya kumat, tapi secara rutin konsumsi Jamu berangsur-angsur sembuh,”jelas dia

begitu juga dengan suami saya yang stroke 6 tahun lalu, selama dua tahun terakhir ini rajin mengkonsumsi ramuan herbal. Sekarang Alhamdulilah suami saya bisa jalan dan beraktivitas kembali,”kata Een, kepada wartawan, Rabu (6/9).

kecintaannya terhadap tanama herbal ini semakin terasah setelah bersama sang suami Eman Suparman (53) rajin mendengarkan acara konsultasi pengobatan dengan tanaman herbal disebuah radio swasta.

“Saya rajin mendengarkan acara itu, sampai semua yang diterangkan oleh pemateri menjelaskan khasiat berbagai tanaman herbal itu catat dengan baik,”kata dia.

Selain itu, menjalin komunikasi langsung dengan pakar-pakar yang mendalami pengobatan Herbal menjadikan di bersama suaminya saat ini hapal betul jenis obat herbal dan peruntukan pengobatan penyakitnya.

dipekarangan rumah saat ini ada sekitar 50 jenis tanaman herbal. Mulai dari binahong, cecendet, kumis kucing, beruntas, jahe merah, jahe putih, jawer kotok, nanas kerang, rumput teki, jarong, katuk dan berbagai jenis tanaman herbal lainnya.

Jika mendapatkan informasi mengenai jenis tanaman herbal yang belum ada di tempatnya, ia berkeliling mencari tanaman tersebut, hingga ke beberapa daerah di Kabupaten Bandung.

“Alhamdulilah sekarang kalau sakit datang kesini minta berbagai tanaman herbal. Saya menggratiskan untuk siapa saja yang datang,

Een menambahkan, ingin mewujudkan kampungnya sebagai kampung Herbal . Sekaligus mengubah daerahnya menjadi bebas sampah dengan program pemilahan sampah organik dan an organik. (Rus/yan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here