E-Tol, Warga Masih Bingung

jabarekspres.com, BANDUNG – Kurang dari sepekan jelang pemberla­kuan transaksi non tunai atau hanya melayani peng­guna e-toll di gerbang tol Baros I dari Cimahi arah Pasteur. Masih banyak ma­syarakat pengguna jalan tol yang kebingungan cara mendapatkan dan meng­gunakan kartu tersebut.

Salahsatunya, Whisnu Pra­dana, 24, dia mengaku masih bingung cara mendapatkan e-toll card. ”Saya nggak tau belinya dimana. Cara isi ulang­nya gimana, cek saldonya gi­mana trus ada batas waktunya nggak. Saya masih agak bing­ung,” kata Whisnu saat ditemui di rest area KM 125 Jalan Tol Padaleunyi Kelurahan Cibeu­ber Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi, kemarin (17/8).

Tidak hanya itu, menurut pemuda yang selalu bolak balik Bandung-Cimahi dan Jakarta ini, dirinya khawatir jika e-toll card yang dipegang ternyata saat digunakan sal­donya tidak cukup, maka apa yang harus dilakukan. ”Saat keluar gerbang tol ternyata saldonya tak mencukupi, pas saya nggak bawa uang cash, nggak tau saya harus bagai­mana. Masa mobilnya disita,” ujarnya sambil tertawa.

Namun demikian, Whisnu tidak menampik jika pember­lakuan e-toll akan memperce­pat transaksi sehingga bisa meminimalisir kemacetan di pintu keluar tol. Dia berharap pemerintah atau PT Jasa Mar­ga mensosialisasikan pember­lakuan transaksi non tunai di pintu keluar tol secara terus menerus. ”Saya rasa masih banyak pengguna tol yang be­lum tau cara pemberlakuan e-toll ini. Apalagi cara trans­aksi dan cara pembelian dan isi ulang kartunya itu,” sebutnya.

Semetara itu Humas PT Jasa Marga Cabang Purbale­unyi Dadan Saripudin men­gatakan, memang penerapan transaksi non tunai di Gerbang tol Baros 1 dari Cimahi arah Pasteur yang pertama dan akan mulai diberlakukan pada 22 September 2017. Se­dangkan untuk tahap ke dua pada 26 September 2017 akan di berlakukan di gerbang tol Sadang, serta untuk gerbang tol Mohammad Toha diber­lakukan pada 29 September. ”Sejak 28 Agustus kemarin sudah kita lakukan penjualan e-toll card atau istilahnya se­karang itu UNIK (uang elek­tronik) di setiap titik yang telah ditentukan,” katanya, saat dihubungi, kemarin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan