E-Musrenbang Terobosan Smart City

bandungekspres.co.id, COBLONG – Kota Bandung semakin memantapkan konsep smart city-nya melalui peluncuran apliasi Musyawarah Rencana Pembangunan Elektronik (e-Musrenbang) oleh Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung Kamis (2/2).

Peluncuran e-Musrenbang yang turut dihadiri Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial dan Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto itu diikuti oleh 3.647 orang dari unsur RW, Kelurahan, Kecamatan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, dan Karang Taruna.

E-Musrenbang merupakan aplikasi hibah dari Ikatan Alumni ITB Jawa Barat yang akan meningkatkan kualitas sistem participatory planning di Kota Bandung. Aplikasi ini memudahkan para Ketua RW untuk memasukkan data aspirasi masyarakat.

Yossi mengatakan, para ketua RW akan terlibat secara aktif dengan didampingi oleh para relawan serta aparat Pemerintah Kota Bandung dalam menyampaikan usulan kebutuhan kegiatan yang akan dilaksanakan di wilayah masing-masing.

”Usulan tersebut akan di-input melalui aplikasi e-Musrenbang yang cara menggunakannya cukup mudah. Selain itu, para ketua RW serta operator RW akan mendapat pendampingan dari tim relawan sampai dengan selesainya proses penyampaian usulan,” terang Yossi.

Dia menambahkan, kegiatan Musrenbang merupakan tahapan penting dalam perencanaan pembangunan. Musrenbang merupakan amanat konstitusi, dan di musrenbang inilah berbagai pihak, berbagai kepentingan dan berbagai usulan bertemu dan didiskusikan. Pada akhirnya, usulan-usulan tersebut akan dikaji urgensinya dan disepakati menjadi alternatif solusi atas sejumlah permasalahan kota. Dalam konteks tersebut akan sangat mungkin beberapa usulan tidak dapat diakomodasi karena belum masuk sebagai hal yang prioritas.

”Melalui aplikasi e-Musrenbang ini, diharapkan semua pihak akan dimudahkan untuk menyampaikan usulan, dan sekaligus secara mudah pula dapat memonitor pergerakan dari usulan yang disampaikan. Kita semua tentu berharap bahwa aplikasi ini akan dapat menjadi media komunikasi dan diskusi interaktif terkait mengajukan usulan,” ujarnya.

Keunggulan dari aplikasi e-Musrenbang ini, masyarakat melalui operator RW diberikan akses untuk memasukkan usulan ke dalam aplikasi. Nantinya akan ada pihak kelurahan yang bertugas melakukan verifikasi dan pihak kecamatan melakukan validasi secara berjenjang. Sehingga usulan kegiatan masyarakat akan sesuai dengan perangkat daerah yang menangani.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan