E-CCTV Pelototi Pelanggar

jabarekspres.com, BANDUNG – Jangan kaget jika tiba-tiba anda diperingatkan melalui speaker yang ada di sekitar lampu merah, menyuruh anda untuk mundur karena melewati white line.

Kejadian ini menimpa pelajar yang tengah membonceng temannya. Dua wanita berseragam putih abu itu, terlihat pengemudi menggunakan helm dan yang dibonceng tak memakainya. Dua remaja ini kaget, ketika tiba tiba dia diperingatkan melalui speaker agar temannya yang tak menggunakan helm untuk turun dan disarankan menggunakan kendaraan umum.

Video rekaman CCTV (Closed Circuit Television, Red.) sempat viral di media sosial dalam beberapa hari terakhir. Dalam video itu petugas memberi peringatan terhadap pelanggar lalulintas yang tidak menggunakan helm. Kejadian tersebut terpantau di salahsatu lampu merah di kota Bandung.

Sultoni Kasi Manajemen Transportasi pada Dinas Perhubungan Kota Bandung mengatakan, pemasanagn CCTV ini sebetulnya program lama, namun saja beberapa minggu ini lebih ditingkatkan intensitasnya. ”Itu hanya untuk menggingatkan kedisiplin pengguna jalan,” kata Sultoni saat dihubungi Jabar Ekspres, kemarin (12/9).

Sebut dia hingga saat ini, CCTV sudah dipasang di 150 titik dan yang paling disoroti di Jalan Cibaduyut, Pahlawan, Merdeka, dan Buah Batu-Samsat,

”Tujuan untuk menertibkan lagi pengguna jalan, jadi nggak menerobos zebra cross dan gak melebihi white line,” ungkapnya.

Semua CCTV yang terpasang di beberapa titik tersebut langsung terhubung ke Ruangan Area Traffic System (RATC) yang berada di kawasan balai Kota Bandung. ”Itu dipantau di Command Centre Balaikota ya dan diumumkan menggunakan speaker untuk mengingatkan,” ungkapntya.

Dia pun berharap dengan adanya CCTV supaya pengguna jalan lebih disiplin berlalu lintas, para pengguna motor harus menggunakan helm saat berkendaraan selain itu jangan menerobos sembarangan. ”Untuk keselamatan pengendara juga,” ungkapnya.

Terpisah, Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Tomex Korniawan mengakui, kamera video yang bereda di media sosial, untuk sekarang ini masih bersifat imbauan, namun untuk ke depan akan diberlakukan. ”Sebenarnya, apabila hanya di Bandung saja bisa. Hanya nanti kita lihat satu perempatan saja membutuhkan delapan kamera yang terkonek,” kata Tomex saat memberikan keterangannya di Mapolda Jabar, Selasa (12/9).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan