Dukungan Publik untuk Cak Imin-AHY

jabarekspres.com, JAKARTA – Pemilihan presiden masih dua tahun lagi. Namun, aksi dukung mendukung mulai muncul. Misalnya, baru-baru ini, kelompok Pro-1 mendeklarasikan Muhaimin Iskandar-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Deklarasi pasangan Cak Imin-AHY dilangsungkan di salah satu restoran di kawasan Cikini. Puluhan relawan ikut hadir dalam kegiatan tersebut. Mereka bersama-sama membaca naskah deklarasi yang berisi tiga hal. Yaitu, para relawan Pro-1 siap mendukung Cak Imin-AHY sebagai calon presiden dan wakil presiden 2019–2024, mereka akan bahu-membahu memenangkan pasangan calon, dan yang terakhir mereka akan membuat jaringan di seluruh Indonesia.

Ketua Nasional Pro-1 Baihaqi Maisin menyatakan, seluruh masyarakat harus tetap mendukung Presiden Jokowi untuk menuntaskan masa kepimpinannya yang tinggal dua tahun. ’’Sebab, Presiden Jokowi dipilih langsung oleh rakyat,’’ tuturnya. Meski dalam tiga tahun kepemimpinannya ada berbagai persoalan yang sampai sekarang belum terselesaikan. Terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan rakyat dan penciptaan lapangan kerja. Dua hal itu merupakan ukuran utama keberhasilan atau kegagalan suatu pemerintahan.

Menurut Baihaqi, Jokowi hanya fokus pada sektor infrastruktur sehingga mengorbankan sektor lainnya. ’’Harus ada evaluasi. Harus ada perubahan,’’ ucapnya. Misalnya, sektor ekonomi. Terjadi penurunan daya beli dan serapan tenaga kerja yang tidak bisa dimungkiri. Sektor ritel, manufaktur, dan pertanian melambat. Bahkan, pertumbuhannya negatif.

Baihaqi mengatakan cukup bagi Jokowi untuk menyelesaikan tugasnya sampai selesai. Untuk 2019-2024, kata dia, pihaknya mempunyai aspirasi baru untuk calon pemimpin. Baihaqi berharap ada perubahan dan penyegaran kepemimpinan di negeri ini. ’’Kami menaruh harapan terhadap sosok pemimpin muda,’’ ucapnya.

Kenapa harus yang muda? Sebab, lanjut Baihaqi, muda berarti penuh energi, semangat, dan berani melakukan terobosan. Muda dalam usia, tetapi panjang pengalamannya. Sosok muda itu ada pada diri Cak Imin dan AHY. Pihaknya sepakat mendukung dua tokoh tersebut untuk maju menjadi calon presiden dan wakil presiden.

Dua tokoh itu sudah banyak dikenal masyarakat. Kendaraan politik keduanya juga jelas, yaitu PKB dan Partai Demokrat. Namun, kata Baihaqi, Pro-1 belum berkomunikasi dengan Cak Imin-AHY secara langsung maupun dengan PKB dan Partai Demokrat. ’’Pro-1 tidak tergabung atau terafiliasi dengan parpol mana pun,’’ tegasnya.

Tinggalkan Balasan