Duel Sengit dengan Vettel, Hamilton Menangi Balapan GP Spanyol

jabarekspres.com – Lewis Hamilton berhasil memenangi duel menegangkan melawan pesaing terberatnya, Sebastian Vettel, dan menjadi juara balapan Formula 1 GP Spanyol di sirkuit Catalunya, Barcelona. (14/5)

Setelah pertarungan yang mendebarkan, Hamilton berhasil unggul 3,5 detik di depan Vettel. Pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo, terpaut jauh – lebih dari 1 menit – namun mampu melengkapi posisi podium di urutan ketiga.

Meski sempat diperkirakan akan turun hujan, balapan hari Minggu ternyata berlangsung di bawah cuaca cerah namun dengan kondisi cukup berangin.

Vettel yang memulai balapan dari posisi kedua, mendapatkan start yang bagus dan menyalip mobil Hamilton menjelang tikungan pertama.

Memasuki tikungan pertama Kimi Raikkonen juga mendapatkan start yang cukup bagus tapi ia dipepet mobil Bottas yang berada di sisi dalam, dan mobil Max Verstappen dari sisi luar.

Akibat tersenggol mobil Bottas, Raikkonen terlempar ke arah Verstappen dan keduanya melakukan kontak. Sama-sama mengalami kerusakan suspensi, Raikkonen dan Verstappen langsung tersingkir di putaran pertama.

Imbas insiden Raikkonen-Verstappen memaksa pembalap Williams, Felipe Massa, melakukan manuver menghindar di Tikungan 2. Tapi pembalap Brasil itu menyenggol mobil pembalap tuan rumah Fernando Alonso. Akibat kontak tersebut, Massa mengalami kempis ban sementara Alonso melebar ke jebakan kerikil.

Sementara Vettel memimpin jalannya balapan dengan jarak keunggulan 4,7 detik di depan Hamilton dan Bottas. Pembalap Jerman itu kemudian mencetak Fastest Lap sementara, 1 menit 25,806 detik, pada putaran ke-10.

Hamilton mendapat instruksi dari timnya untuk berusaha lebih keras. “Ini adalah fase yang kritis,” ujar Peter Bonnington, teknisi balap Mercedes.

Pada putaran ke-13, Alonso masuk ke pit untuk melakukan pergantian ban namun tetap memakai kompon soft.

Dua putaran berikutnya, pemimpin balapan Vettel berusaha menangkal undercut dengan melakukan pit stop lebih awal dari rival terdekatnya. Tapi saat bergabung kembali ke trek, pembalap Ferrari itu berada di belakang mobil Ricciardo yang belum melakukan pit stop. Vettel kemudian menyalip Ricciardo pada putaran ke-16 di tikungan pertama.

Memasuki putaran ke-21, Hamilton akhirnya melakukan pit stop dari posisi terdepan untuk beralih ke kompon medium, mengambil strategi yang berbeda dari rivalnya, Vettel. Sementara Bottas – belum melakukan pit stop – tetap bertahan di trek dan menghalangi progres Vettel yang tepat berada di belakangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan