Dua Kali Ramadan di Tenda

jabarekspres.com – PEMBANGUNAN Tol Soreang-Pasirkoja tidak hanya berdampak pada pada pariwisata. Tapi jauh sebelum itu, masyarakat pun terlunta, tak bisa beribadah karena masjid mereka tergusur pembebasan lahan.

BELUM BERES: Sejumlah pengurus masjid di salah satu masjid yang tergerus pembangunan Tol Soroja, baru-baru ini.
BELUM BERES: Sejumlah pengurus masjid di salah satu masjid yang tergerus pembangunan Tol Soroja, baru-baru ini.

Hal ini yang dirasakan warga Kampung Rancamalang  Rt 03/RW 12 Desa/Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung. Meraka pun bosan menagih janji kapan masjid Al Amanah dan Nurul Fallah selesai diperbaiki. Sebab, sudah dua tahun warga Rancamalang melaksanakan salat tarawih di tenda 7 x 14 meter.

”Sudah dua kali Ramadan, kami tarawih di tenda ini. Salat id juga di sini,” kata Dedi, 41, pengurus DKM Al Amanah, baru-baru ini.

Menurutnya pada awal pembangunan Masjid Al Amanah, pemerintah melalui pelaksana pembangunan Tol Sorojo berjanji kepada warga bahwa pembangunan masjid akan tuntas selama empat bulan. ”Tapi, sudah dua tahun belum beres,”

Dia mengatakan, sebelum dibongkar oleh Pemkab Bandung, bupati Dadang M. Naser dan pelaksana berjanji sebelum bulan Ramadan sudah beres. Dengan kata lain, warga bisa salat tarawih di masjid baru. ”Sekarang sudah bulan ramadan, pembangunan baru beres sekitar 40 persen,” tuturnya

Hal senada disampaikan Barkah, 48. Dirinya bersama warga sekitar sangat merasa khawatir. Sebab, tidak ada yang bisa memprediksi cuaca.

”Kalau sedang melaksanakan salat turun hujan, air sering masuk ke dalam tenda. Sebab, kondisi tali pengikat tenda sudah lapuk walau sudah beberapa kali diganti oleh warga,” papar Barkah.

Sebelumnya, Bupati Bandung Dadang M. Naser beserta Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa meletakkan batu pertama pembangunan mesjid Nurul Falah dan Al Amanah di Kampung Pasirmalang Desa/Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Selasa (24/1/2015). Kedua masjid tersebut direlokasi karena terkena dampak pembangunan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja).

Sekda Provinsi Jabar Iwa Karniwa mengaku, dengan pembangunan tol, maka perekonomian masyarakat di Bandung selatan akan meningkat ribuan kali.

”Kami berterima kasih kepada warga Margaasih, jamaah Nurul Falah dan Al Amanah yang mendukung pembangunan Tol Soroja dan mau bersabar sampai proses pembangunan masjid barunya,” ujarnya saat itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan