Dua Binturong Lahir di Bonbin

jabarekspres.com, BANDUNG – Kebun binatang Bandung kini makin bertambah penghuninya dengan lahirnya dua ekor Binturong. Sebelumnya di kebun binatang ini pun lahir dua ekor Harimau Benggala.

Kepala Divisi Konservasi Kebun Binatang Bandung, Dedi Trisasongko menyebutkan dua ekor Binturong berjenis kelamin betina itu, sebetulnya sudah lahir sejak 37 hari lalu.

”Kondisi kedua bayi Binturong itu dalam kondisi yang sehat, dan sekarang mereka masih menyusu pada induknya. Sampai nanti usia tiga bulan,” kata Dedi Trisasongko kepala Divisi Konservasi Kebun Binatang Bandung saat jumpa pers, kemarin (17/8).

Disebutkan dia, Binturong Jawa itu saat ini memiliki bobot masing-masing 900 dan 700 gram. Namun keduanya disebutkan Dedi, belum memiliki nama. ”Keduanya belum mempunyai nama,” imbuhnya.

Kelahiran Binturong itu sendiri sebut dia, dalam keadaan norman. karena biasanya binatang sejenis itu melahirkan antara dua hingga lima ekor sekaligus. Namun, untuk menjaga kondisinya, pihak kebun binatang masih menyimpan kedua bayi tersebut dalam inkubator hingga usia lebih dari 90 hari.

Sama seperti Harimau Benggal, pihak kebun Binatang Bandung pun tengah membuka peluang bagi masyarakat umum yang ingin menjadikan bapak asuh bagi kedua bayi itu.

”Syaratnya mudah, yang penting mereka yang mau menjadi bapak asuh saying terhadap binatang. Dan memberikan pakan rutin,” ujar Sulhan Syafi’I, Marcomm Kebun Binatang Bandung.

Lanjut Sulhan, makanannya pun masih terbilang gampang karena hanya memakan makanan jenis buah-buahan. (ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan