DPRD Selalu Dorong Kemajuan Jabar

jabarekspres.com, BANDUNG –  Dalam menyambut hari jadi ke-72 Provinsi Jawa Barat, DPRD Jabar  memberikan catatan penting untuk memberikan masukan dan perbaikan ke depan.

Ineu Purwadewi
Ketua DPRD Jabar

Ketua DPRD Ineu Purwadewi mengatakan, selama menjabat sebagai pimpinan dewan, DPRD Jabar ikut andil besar dalam menentukan arah kebijakan yang diambil Pemprov, khususnya dalam pembangunan di Jabar.

”Dewan selalu memberikan masukan, rekomendasi, dan catatan penting agar arah pembangunan bisa lebih baik,”jelas Ineu ketika ditemui di Gedung DPRD, kemarin (18/8).

Dirinya menuturkan, Jawa Barat dengan penduduk berjumlah 46 juta jiwa sebetulnya memiliki potensi besar. Baik Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sumber Daya Alam (SDA). Untuk itu, potensi yang dimiliki ini harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Jabar.

Ineu menilai, selama 72 tahun pengelolaan pemerintahan, Pemprov Jabar telah mengalami rangkaian panjang melalui estafet kepemimpinan. Sehingga, berbagai dinamika dalam pola pembangunan di Jabar memiliki arti penting untuk kesejahteraan masyarakatnya.

Begitu pun pada masa kepemimpinan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wakil Gubernur Deddy Mizwar. Bagi dia, Jabar telah mengalami berbagai perubahan yang mendasar di berbagai bidang. Sehingga layak untuk diapreasiasi.

Kendati begitu, peran seluruh anggota dewan yang duduk di kursi legislatif memiliki peranan dalam memberikan atensi berjalannya roda pemerintahan di Jabar.

Untuk itu, menjalin hubungan harmonis antara Legislatif dan Eksekutif bukan berarti melupakan peran kontrol dalam memberikan masukan untuk perencanaan pembangunan.

”Justru di sini peran penting DPRD dalam sebagai mitra pemerintahan memiliki kedudukan sejajar dan ikut berperan mendorong kemajuan pembangunan,” tutur Ineu.

Dirinya memaparkan, dewan selalu membangun komunikasi positif, dengan masyarakat sebagai bentuk menyerap aspirasi untuk memenuhi setiap keinginan lapisan masyarakat Jabar. Sebab, sesuai tugas pokok dan fungsinya, dewan selalu mendorong dengan mengusulkan kepada gubernur untuk mewujudkannya dalam program nyata.

Di samping itu, Jabar sebagai provinsi penyangga ibukota memiliki peran strategis dan menjadi tolok ukur untuk kemajuan pembangunan Indonesia. Dengan alasan itu, DPRD Jabar juga terlibat langsung dalam meminta pendapat atau berkonsultasi kepada pemerintah pusat terhadap setiap keinginan masyarakat Jabar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan