Dovizioso Bawa Ducati Sukses Taklukkan Yamaha di MotoGP Italia

jabarekspres.com – Andrea Dovizioso mengalahkan Maverick Vinales dalam duel panjang dan menegangkan pada seri keenam MotoGP Italia. Kemenangan pertama Ducati di Mugello sejak 2009.

Belum cukup duel panas di kelas Moto3 dan Moto2, MotoGP turut menyuguhkan pertarungan seru dari awal hingga akhir balapan.

Valentino Rossi melakukan start brilian dan memimpin balapan di Tikungan 1. Vinales posisi kedua, diikuti Jorge Lorenzo dan Dovizioso. Sementara juara dunia bertahan Marc Marquez di posisi kelima.

Satu lap berikutnya, Lorenzo melancarkan serangan dan menyalip Rossi di Tikungan 2. Namun, The Doctor membalasnya di Tikungan 10. Lorenzo di posisi kedua dan Marquez naik di posisi ketiga, sedangkan Dovizioso turun di posisi keempat.

Rossi masih memimpin balapan, setidaknya sebelum Vinales mengambil alih posisi terdepan pada Lap 5. Dovizioso telah menyalip Lorenzo untuk posisi ketiga.

Satu lap kemudian, Dovizioso menyalip Rossi dan naik di posisi kedua. Mulai saat inilah, duel panjang Vinales versus Dovizioso dimulai. Pembalap Italia ini terus membayangi Vinales dan berhasil memangkas jarak 0,233 detik pada Lap 12.

Dan momen penentu Dovizioso terjadi pada Lap 14, ketika ia menyalip Vinales di trek lurus. Pembalap Spanyol ini berusaha mengejar ketertinggalan, meski sempat disalip Petrucci satu lap berikutnya. Akan tetapi, laju Vinales tak cukup mengejar ketertinggalan dari Dovizioso.

Kemenangan di Mugello merupakan yang ketiga bagi Dovizioso sepanjang karier sejak Donington Park 2009 dan Sepang 2016. Selain itu, ia juga mempersembahkan kemenangan kepada Ducati untuk pertama kalinya sejak 2009. Kali terakhir Ducati berjaya di Mugello lewat Casey Stoner pada 2009.

Podium pertama Dovizioso juga terasa begitu manis bagi Ducati. Pembalap Italia, mengendarai motor balap Italia dan meraih kemenangan di sirkuit Italia. Sempurna.

Podium ketiga secara mengejutkan direbut Petrucci, yang berhasil menyalip Rossi di Tikungan 15 pada Lap 14. Raihan finis keempat jelas tak memuaskan bagi The Doctor, mengingat ia sempat memimpin balapan pada lap-lap awal.

Alvaro Bautista (Aspar Team) juga mencetak raihan mengesankan, usai berhasil mengungguli Marquez, yang harus puas finis keenam. Rookie Yamaha Tech 3, Johann Zarco finis ketujuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan