Donasi dari Kota Bandung Mencapai Rp 500 Juta

jabarekspres.com, BANDUNG – Hingga kemarin (6/9) siang pukul 13.19, jumlah bantuan  bagi warga muslim Rohingya di Myanmar, yang diinisiasi oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, melalui kitabisa.com mencapai Rp 622 juta.  Jumlah yang cukup besar mengingat  Ridwan Kamil  baru  memposting  ajakan untuk menyumbang   Selasa (5/9) pada pukul 17.00.

Ridwan Kamil menargetkan, dalam 25 hari  terkumpul dana bantuan sebesar  Rp 1 miliar. Namun melihat respon  posistif warga net, dia opitimistis tartget dapat tercapai dalam waktu lebih  singkat.

”Saya yakin, nggak sampai seminggu target Rp 1 miliar bisa tercapai. Meski penerimaan donasi  tetap dibuka selama 25 hari,” kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, kemarin.

Emil menilai tingkat solidaritas masyarakat Indonesia terhadap korban tragedi kemanusiaan masih kuat. Buktinya, kurang dari 24 jam setelah Emil memposting ajakan untuk membantu Rohingya melalui kitabisa.com terkumpul dana  lebih dari Rp 100 juta

Per hari ini, sumbangan terbesar yang masuk senilai Rp10 juta,  terkecil Rp 10 ribu, nominal sumbangan paling banyak Rp 50 ribu.  Jika dirata-rata sumbangan per orang  sebesar Rp 170 ribu.

Sebagai pemimpin yang memiliki 12 juta follower di tiga akun medsosnya, Emil terpanggil untuk menggerakan masyarakat  membantu pengungsi muslim Rohingya.  ”Ketika muncul tragedi tersebut, sebagai sesama muslim kita wajib membantunya, seperti tersurat dalam  surah Al-Hujuraat ayat 10 yang menyebutkan: sesungguhnya mukmin itu bersaudara,” ucap dia.

Emil memilih  mengalang dana melalui kitabisa.com  karena menurutnya   lembaga  itu transparan dan kredible. ”Mereka selalu memberi laporan kepada setiap penyumbang melalui email, terkait kegiatan distribusi bantuan,’’ ujar dia.

Emil mengaku, dirinya tergerak menggalang dana bagi warga muslim Rohingya semata karena alasan kemanusaian. ”Bandung sebagai Ibukota Solidaritas Asia Afrika melihat tragedi tersebut, tidak bisa diam. Kita  harus hadir untuk membantu mereka,” ujar ayah dua anak  ini.

Emil berharap, Pemerintah Myanmar menghentikan tindakan kekerasan terhadap warganya terutama etnis Rohingya dan para pengungsi bisa kembali ke negaranya.

Sementara itu, Chief Executive Officer kitabisa.com Alfatih Timur mengapresiasi Ridwan Kamil yang melakukan penggalangan dana melalui kitabisa.com. ”Ajakan itu direspon dengan cepat oleh masyarakat melalui pemberian donasi,” kata dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan