Disnakertrans Tekan Angka Pengangguran

jabarekspres.com, SUMEDANG – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumedang, tengah berusaha memangkas angka pengangguran yang ada di Sumedang. Tak tanggung tanggung, dinas menargetkan angka pengangguran hingga mencapai tiga persen di tahun 2017 ini.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Sumedang Dikdik Sadikin, mengungkapkan jumlah pengangguran yang ada di Sumedang mencapai sembilan persen dari total jumlah penduduk yang diperkirakan jumlahnya ada 900 ribu jiwa.

”Penyerapan tenaga kerja kami targetkan hingga 30 ribu jiwa,” ujarnya, kemarin (18/7).

Dia mengungkapkan, teknis penyerapan tenaga kerja dilakukan dengan cara bekerjasama dengan perusahaan yang berada di Sumedang. Selain itu, dinas juga bekerjasama dengan daerah industri lain seperti Jabodetabek dan Karawang.

”Jadi mereka harus sudah terlatih dulu dan di BLK kita tingkatkan kemampuannya,” katanya.

Selain di sektor ketenagakerjaan, kata Dikdik, sektor pertanian dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sumedang, masih menjadi primadona untuk berperan dalam mengentaskan pengangguran. Oleh sebab itu, sebagian pengangguran juga akan diarahkan kedua sektor tersebut.

”Sumedang masih didominasi di sektor pertanian dan juga UMKM. Makanya kami juga akan arahkan juga kesana,” jelasnya.

Dengan demikian, pihaknya optimistis di akhir tahun 2017 jumlah pengangguran yang ada di Sumedang akan dapat berkurang sesuai target. (her)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan