Disnakertrans Buka Peluang 1.000 di Lapangan Kerja

13
PENCARI KERJA: menunggu stan lowongan pekerjaan dibuka pada acara Job Fair yang di selenggarakan di Disnaker Jabar belum lama ini.

jabarekspres.com, CIMAHI – Untuk mengurangi pengguran di Kota Cimahi Dinas Ketanagakerjaan dan Transmigrasi akan menciptakan program dengan menciptakan 1000 lapangan kerja.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Cimahi, Supendi Heriyadi, mengatakan, sebtulnya jumlah pengguran di Kota Cimahi cukup banyak. Bahkan, sejak 2016 samapi sekarang angka anggkatan kerja mencapai 14 ribu orang.

Hal tersebut tentunya, menjadi tugas berat bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi dimasa kepemimpinan Wali Kota Ajay M Priatna. Terlebih, sebelum menjadi orang nomor satu di Cimahi, Ajay mengusung program 1000 lapangan kerja bagi warga Cimahi.

Untuk itu, pihaknya akan berupaya merealisasikan program tersebut secara bertahap dengan membuat berbagai pelatighan kerja dan membuka kesempatan penerimaan pekerjaan.

“Salah satu upayanya, kita akan melakukan berbagai pelatihan kerja kepada masyarakat,” jelas Supendi ketika ditemui kemarin (07/12)

Dirinya menuturkan, sebetunya program-program Pemkot untuk membuka peluang kerja sudah dilakukan dengan bekerjasama dengan berbagai perusahaan yang ada di Cimahi. Bahkan, beberapa even Job Fair juga pernah digelar.

Sementara itu, Walikota Cimahi, Ajay M Priatna, menegaskan, pihaknya akan memanfaatkan sejumlah perusahaan yang ada di Cimahi untuk bersama-sama mengentaskan pengangguran di Cimahi.

“Tentu kita akan menjalin kerjasama dengan seluruh industri agar dapat menyerap tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan,” kata Ajay, kemarin.

Ajay melanjutkan, pihaknya akan melakukan mapping industri di Cimahi, mana saja yang siap menerima pekerja. Mapping tersebut dilakukan karena, tidak semua industri di Cimahi besar.

“Kita akan jalin komunikasi dengan beberapa perusahaan. Intinya agar pihak perusahaan memprioritaskan warga Cimahi untuk menjadi pekerjanya,” tuturnya.

Ajay berharap, dalam mengentaskan pengangguran di Cimahi, semua pihak dapat membantu terutama pelaku Usaha Mikro Kecil (UKM).

“Saya harap mereka bisa berinovasi dengan merambah dunia wirausaha dan bergerak pada bidang UKM,” pungkasnya. (ziz/yan).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here