Disdukcasip KBB Terapkan One Day Service

0
one day service - disdukcasip kbb
MELAKUKAN INOVASI: Disdukcasip Kabupaten Bandung Barat melakukan inovasi layanan administrasi penduduk satu hari selesai.

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) Kabupaten Bandung Barat akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan melakukan pelayanan “One Day Service” atau pelayanan satu hari langsung selesai. Hal itu dilakukan guna pelayanan kepada masyarakat bisa lebih cepat.

Kadisdukcasip Kabupaten Bandung Barat, Wahyu Diguna mengungkapkan, layanan yang akan dilakukan dengan model ini merupakan bentuk inovasi pelayanan yang positif terhadap masyarakat.
Diungkapkannya, pelayanan “One Day Service” khusus untuk kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) ini sudah dilaksanakan sejak lama. “Pelayanan dengan model ini bisa selesai dalam satu jam jika input data yang masuk sudah terekam dan terkoneksi dengan server dari pusat. Jadi, nanti langsung siap cetak saja,” katanya kepada wartawan di Ngamprah, kemarin.

Lebih jauh dia menjelaskan, ke depan  pelayanan seperti ini bisa dilakukan secara menyuluruh. Artinya, mulai dari masuknya berkas hingga outputnya bisa selesai dilakukan dalam satu hari. “Kita ingin terus berinovasi agar layanannnya bisa lebih cepat dan memang seluruhnya bisa dilakukan di sini. Masyarakat nantinya tidak lagi harus menunggu lama,” ungkapnya.

Wahyu menambahkan, di tahun ini juga, beberapa e-KTP yang belum tercetak akan dimaksimalkan agar dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Namun, tetap harus menunggu kiriman blangko dari pemerintah pusat. “Tahun ini kita terus lakukan layanan cepat. Jangan sampai ada penumpukan e-KTP yang cukup banyak, karena kasihan juga masyarakat,” terangnya.

Disebutkannya, saat ini, masih ada sekitar 122.000 warga yang belum melakukan perekaman, 52.000 warga yang sudah melakukan perekaman tetapi belum memiliki e-KTP, dan 30.000 warga yang sudah melakukan perekaman tetapi datanya belum siap dicetak. “Memang pekerjaan kami masih banyak untuk menyelesaikan pencetakan e-KTP dan lain-lain. Terutama dalam menghadapi Pilkada lantaran waktunya sebentar lagi,” tandasnya. (drx/bun)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here