Disdukcapil Diserbu Pemohon KTP

jabarekspres.com – KARAWANG-Hari pertama kerja setelah cuti lebaran, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karawang diserbu ribuan warga pembuat KTP elektronik (e-KTP).
“Hingga pukul 14.00 WIB ini sudah sekitar sekitar 1.000 warga yang mengajukan pembuatan KTP elektronik,” kata Kepala Disdukcapil Yudi Yudiawan, Senin (3/7).

Yudi mengatakan jumlah warga yang datang dalam pembuatan KTP elektronik meningkat hingga 100 persen.
“Kalau rata-rata setiap hari biasanya kita melayani sekitar 500 orang. Tetapi hari ini memang cukup mengalami kenaikan hingga 100 persen,” kata dia.

Sampai saat ini pihaknya pun terus memperbaiki pelayanan pembuatan KTP elektronik di Kabupaten Karawang. Menurut dia, pelayanan KTP bisa diterima masyarakat dalam jangka selama 3 hari jika persyaratan lengkap.
“Hari biasa Senin hingga Jumat kita buka pelayanan dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu kita buka pelayanan dari pukul 08.00 hingga pukul 14.00 WIB,” katanya.

Disebutkan Yudi, sementara untuk yang KTP elektronik pada tahun 2017 masih akan mendapatkan KTP sementara atau surat penggantia KTP. Hal tersebut disebabkan karena belum tersedianya pasokan blanko KTP untuk tahun 2017 dari pemerintah pusat.
“Soalnya yang tersedia 10 ribu blangko KTP elektronik ini untuk Juli hingga September 2016. Dan rencana ada tambahan 30 ribu blangko, namun untuk Oktober hingga Desember 2016. Sedangkan untuk 2017 kita belum bisa memastikan stok blangko nya,” terang Yudi.(aef/din)

Tinggalkan Balasan