Deteksi Pepohonan di Kota Bandung

jabarekspres.com, BANDUNG – Dewan Pemer­harti Kehutanan dan Ling­kungan Tatar Sunda bersama (DPKLTS) dan Pemkot Bandung akan mengaudit pohon-pohon. Hal ini untuk mengantisipasi banyaknya pohon tumbang yang membahaya­kan warga.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku, tujuan audit ini pohon untuk mengetahui pasti mana saja pohon perlu dipangkas, dirawat, ditebang, diganti dan lain sebagainya. Sebab, semakin hijau bukan berarti semakin bagus.

”Biar para ahli yang menen­tukan. Makin hijau itu makin bagus apa tidak kan tidak tahu. Itu urusan ahli yang akan menjawab,” ujar Ridwan Ka­mil, kemarin.

Pria yang akrab disapa Emil ini juga mengimbau, warga Bandung untuk waspada. Sebab, saat ini menjadi bulan pancaroba. ”Artinya mata­hari tegak lurus di atas ke­pala kita tapi suka tiba-tiba mendung jadi ketika air men­guap ke atas bertemu mendung yang moody kadang datang dan pergi. Itu yang menyebab­kan situasi hujan es ini harus diwaspadai,” paparnya.

Selain itu, oleh DPKLTS, Emil diberi masukan perihal ma­salah lingkungan di Jawa Barat terkait alih guna lahan, daya dukung tanah dan lain-lain

Solihin GP selaku ke­pala DPKLTS menilai, Rid­wan kamil tidak ada sifat untuk merusak. Namun, Emil dnilai punya keku­rangan. Salah satunya ma­salah lingkungan hidup.

”Memang tidak sempurna manusia itu. Yang sempurna Allah saja,” terangnya

Ujar dia, Emil bisa diandal­kan mengenai pembangunan dan pemeliharaan dari pada daerah perkotaan. Tapi dia berharap, pemeliharaan hu­tan juga diperhatikan. (rie)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan