Deteksi Dini Kanker Serviks Bisa Dilakukan di 22 Puskesmas

jabarekspres.com, BANDUNG – Peringati hari Kartini ke-138 di tahun ini, Pemberdaya Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bandung bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) cabang Soreang mensosialisasikan pencegahan kanker serviks kepada kaum wanita, Jumat(21/4).

Kegiatan ini juga merupakan edukasi cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. ”Kami juga mengajak kaum perempuan jalani tes IVA (inspeksi visual dengan asam asetat),” kata Ketua PKK Kab Bandung Kurnia Agustina Naser.

Dia menjelaskan, kanker serviks merupakan penyakit terganas ke 2 penyebab kematian kaum perempuan setelah kanker payudara. Oleh sebab itu, diapun kembali mengingatkan upaya prefentif dan promotif perlu dilakukan.  ”Salah satunya melalui layanan pemeriksaan IVA ini,” ujarnya.

Menurut dia, sebaiknya kita mencegah sebelum mengobati penyakit Kanker serviks atau leher rahim ini dengan melakukan pemeriksaan IVA. Pemeriksaan bisa dilakukan di Puskesmas terdekat.  ”Agar lebih dekat sekarang pelayanannya sudah tersedia di 22 puskesmas di Kabupaten Bandung,” tandasnya. (nif/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan