Desa Margamukti Siap Ikuti Lomba Perpustakaan Nasional

Mendapat Predikat Terbaik Se-Jabar

1
lomba Perpustakaan Desa tingkat Provinsi Jawa Barat-Desa Margamukti
SERAHKAN PIALA: Kepala Desa Margamukti kecamatan Pangalengan Agus Suherman menerima penghargaan juara 1 lomba perpustakaan desa tingkat provinsi Jabar dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipanan Daerah Provinsi Jawa Barat, Tati Iriani kemarin (17/7).

jabarekspres.com, SOREANG – Setelah meraih juara 1 dalam lomba Perpustakaan Desa tingkat Provinsi Jawa Barat, Desa Margamukti Kecamatan Pangalengan siap mewakili Jabar ke tingkat Nasional.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipanan Daerah Provinsi Jawa Barat, Tati Iriani mengatakan, desa Margamukti mengungguli desa dan kelurahan se jawa barat dalam penilainya.

Menurutnya, dalam kriteria penilaian ada recheking langsung ke lapangan.Sehingga, dapat dilihat fungsi Perpustakaan Desa atau Kelurahan yang memiliki peran apa saja di masyarakat.

“Itu semuanya sudah dilakukan klarifikasi sampai sejauh mana perangkat desa menyosialisasikan perpustakaan kepada warganya,”kata dia

Tati menuturkan, dalam penilainnya terdapat 7 nominasi diantaranya.Sehingga harapannya kedepan bisa membangun masyarakat membudayakan literasi secara menyeluruh.

“Kita terus sosialisasikan, melalaui pembentukan relawan,Kader PKK, dan komunitas dengan membentuk Taman Bacaan Masyarakat,”ucap Tati

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Bandung Tri Heru Setiati menuturkan, membangun budaya literasi harus dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga.

Dengan begitu, leterasi akan menjadi kebiasaan dalam keluarga sehingga nantinya bisa dibawa ketingkat sekolah atau lingkungan lainnya.

Untuk itu, di Kabupaten Bandung sendiri saat ini sudah memiliki s 25 ribu judul buku dari seluruh latar belakang keilmuan yang ada.

Dengan koleksi buku tersebut lanjutnya, 3 unit mobil perpustakaan keliling disediakan untuk memenuhi kebutuhan literasi masyarakat akan pengetahuan, khususnya untuk wilayah pedesaan yang kurang terakses informasi.

“Dispusip memiliki sekitar 25 ribu koleksi buku dan terdistribusikan sebagian kecil melalui mobil perputakaan keliling, setidaknya kami melakukan pelayanan ke tiap desa. Selain itu kita juga menyediakan 45 TBM (Taman Bacaan Masyarakat) yang tersebar di 31 Kecamatan,” kata Tri

Dia berharap, informasi dan pengetahuan diperoleh dari membaca.Sehingga, dapat diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari dengan membudayakan Leterasi.

“Membaca ini jendela ilmu, dengan membaca kita tahu tentang bercocok tani, cara menanam sayur hidroponik, perikanan, kerajinan tangan dan lainnya, ini sangat baik bagi masyrakat di pedesaan,” pungkas Tri (rus/yan)

Kepala Desa Margamukti kecamatan Pangalengan Agus Suherman saat menerima penghargaan juara 1 lomba perpustakaan tingkat provinsi Jabar dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipanan Daerah Provinsi Jawa Barat, Tati Iriani.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here