Demokrat Ingin Menang Banyak

1

jabarekspres.com, BOGOR – DPP Partai Demokrat (PD) akan segera menuntaskan nama-nama calon kepala daerah yang akan diusung pada Pilkada 2018. Dari 171 daerah yang menggelar pilkada pada tahun depan, partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono itu baru menentukan calon untuk 11 daerah.

Sekretaris Jenderal PD Hinca Panjaitan mengatakan, merujuk jadwal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) maka masa pendaftaran calon kepala daerah untuk Pilkada 2018 dimulai pada 8 Januari 2018. Praktis, saat ini tersisa waktu empat bulan untuk menentukan calon, termasuk menjalin koalisi dengan partai lain.

”Kami akan maraton mulai minggu-minggu ini ke depan sampai akhir Desember. Sebab proses pendaftaran kalau tanggal tidak berubah dari KPU 8 Januari  2018. Sehingga waktu masih cukup banyak dan karena itu kami dorong untuk seluruh pasangan calon untuk  mempopolerkan dulu dirinya,” papar Hinca di rumah SBY, Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/9)lalu.

Namun, Hinca juga mengatakan bahwa partainya belum memiliki target kemenangan pada Pilkada 2018. Sebab, PD sampai saat ini menginginkan bisa memenangkan sebanyak-banyaknya calon pada pilkada tahun depan.

”Memang tidak secara spesifik disebutkan target dari pilkada, tetapi secara umum kami ingin memenangkan sebanyak-banyaknya Pilkada 2018,” ujarnya.

Merujuk pidato politik SBY pada peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-16 PD, partai pemenang Pemilu 2009 itu memang tidak menyebut target kemenangan. SBY hanya menyampaikan harapan dan pesan politik agar pesta demokrasi itu dijalankan secara adil dan jujur.

”Partai Demokrat memohon pada negara dan pemerintah agar Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu Serentak 2019 berlangsung secara jujur demokratis dan damai. Biarlah kami partai-partai politik dan para kandidat berkompetisi secara sehat dan fair karena rakyatlah yang akan memilih dan memberi suaranya,” pinta Presiden Keenam RI itu. (fat/jpnn/rie)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here